Pujian Petugas Arab Saudi ke Jemaah Haji Indonesia: Tertib dan Sopan

Pujian petugas Arab Saudi terhadap jemaah haji Indonesia.
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Ribuan jemaah haji Indonesia terus berdatangan secara bergelombang di King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah. Hingga saat ini, sekitar 90 ribu lebih calon haji reguler Indonesia sudah tiba di Arab Saudi. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M, akhir pemberangkatan jamaah calon haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah, Aran Saudi, dijadwalkan pada 3 Juli 2022. 

Closing date atau kedatangan terakhir jamaah calon haji yaitu pada 3 Juli 2022 sehingga Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jemaah haji reguler setelah tanggal tersebut.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Selain dibantu dan dilayani oleh petugas PPIH Arab Saudi, ribuan jemaah haji Indonesia yang tiba di Jeddah juga dibantu oleh perusahaan Saudi, Maktab Wukala yang telah bekerjasama dengan Kemenag.

Sejak dari pengurusan Bea Cukai, bagasi jemaah diurus pihak Maktab Wukala dan diantar sampai hotel jemaah. Mereka juga menjamu para jemaah haji Indonesia saat beristirahat di Paviliun Bandara Jeddah.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

448 jemaah haji Indonesia Kloter 8 Batam (BTH) tiba di Jeddah.

Photo :
  • MCH / Zaky Al Yamani

Bagaimana pendapat para petugas Maktab Wukala yang sebagian besar merupakan warga Arab Saudi terhadap jemaah haji Indonesia? Ternyata mereka cukup terkesan dengan sikap para jemaah haji Indonesia.

"Orang Indonesia beradab, sopan santun, rajin beribadah, dan jemaah haji yang baik," kata seorang petugas Wukala, Ibrahim, di sela-sela menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia, Jumat 2 Juli 2022. 

"Jemaah Indonesia tidak perlu banyak diatur. Mereka sudah tertib, sopan santun, kemudian bisa memahami aturan di sini dari sejak keluar imigrasi sampai masuk bus," lanjutnya.

Sementara rekannya, Umar, menambahkan, sejauh ini tidak ada jemaah haji Indonesia yang membuat masalah. "Enggak ada masalah, semua proses imigras lancar, semua cepat," jelasnya.

"Semoga Allah SWT menerima hajinya (jemaah Indonesia) dan semuanya menjadi haji yang mabrur dan memperoleh kebaikan dan rahmat Allah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya