Hari Terakhir Kedatangan, Jemaah Haji Sedunia Sudah Kumpul di Mekah

Jemaah haji dari seluruh dunia mulai memadati Kota Mekah
Jemaah haji dari seluruh dunia mulai memadati Kota Mekah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Hari ini menjadi hari terakhir kedatangan jemaah haji ke Arab Saudi, Minggu 3 Juli 2022. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan tidak lagi menerima kedatangan jemaah haji mulai besok, Sabtu 4 Juli 2022. 

Dan hingga hari ini, total 92.668 jemaah haji Indonesia dari 240 kloter telah tiba di Mekah Arab Saudi. Dari kuota haji reguler tahun ini yang mencapai 92.825 kursi, 157 jemaah batal berangkat.

Dan jelang puncak ibadah haji, Kota Mekah sudah dipadati oleh ratusan ribu jemaah haji dari seluruh dunia. Para jemaah haji Indonesia pun diharapkan bisa menjaga kesehatan hingga puncak haji terlaksana.

Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan hari Arafah yakni wukuf sebagai rukun dan puncak haji 9 Zulhijjah 1443 jatuh pada Hari Jumat 8 Juli 2022. Dengan demikian, ibadah haji tahun ini pun bakal menjadi haji akbar.

Nantinya seluruh jemaah haji sedunia akan terkonsentrasi di Mekah untuk melaksanakan puncak haji berupa Wukuf di Arafah pada 8 Juli 2022. Jemaah akan mulai diberangkatkan menuju Arafah, sehari sebelumnya, tepatnya 7 Juli 2022.

Mekah, Kabah

Mekah, Kabah

Photo :
  • Pixabay/ Odien

Usai melepas kloter terakhir jemaah haji Indonesia di KAIA Jeddah, Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto meminta para jemaah untuk menjaga kesehatan jelang puncak haji.