Melongok Fasilitas Wukuf di Arafah bagi Jemaah Haji Indonesia

Fasilitas Baru buat Jemaah Haji Indonesia saat wukuf di Arafah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Bisa dipastikan bagi para jemaah haji Indonesia jelang penyelenggaraan puncak haji 2022, berbagai persiapan telah rampung dikerjakan dan diperbaiki. Begitu juga dengan persiapan fasilitas wukuf di Arafah bagi para jemaah sudah dalam keadaan rampung dan siap untuk digunakan.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Kabar baik ini tentunya diungkapkan oleh pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara, tepatnya. Kini, para petugas pun telah mulai bergerak untuk mengontrol berbagai kesiapan jelang pelaksanaan puncak haji  2022.

Berbagai persiapan pun mulai dikerahkan demi kenyamanan para jemaah haji Indonesia saat melaksanakan wukuf di Arafah.  Pengecekan pun dilakukan selama empat hari jelang pelaksanaan wukuf di Arafah.

Manfaatkan KITE, PT Sukses Komerindo Lepas Ekspor Perdana Sarung Tangan ke Australia

"Kita dan seluruh petugas Daker Bandara melakukan peninjauan langsung. Melihat tenda yang akan ditempati Misi haji," kata Kasatgas Arafah, Haryanto kepada Tim Media Center Haji (MCH).

Tegasnya mengungkapkan, jika para jemaah haji Indonesia nantinya mendapatkan berbagai fasilitas wukuf di Arafah. Beberapa di antaranya seperti tenda misi haji yang melakukan wukuf hingga masjid.

Chery Siapkan Charging Station di Diler Secara Bertahap

Dalam hal ini Haryanto juga mengungkapkan, jika ada delapan tenda Misi Haji. Di kiri terdapat Misi Haji yang melaksanakan wukuf dan disamping telah disediakan tenda untuk jemaah haji Indonesia.

Selanjutnya, disediakannya pengadaan pendingin ruangan yang baru. “Di Arafah pake AC (pendingin udara) baru, di Mina juga tidak ada kendala. Instalasi lama tapi AC-nya baru,” kata Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad saat meninjau langsung ke Arafah Muzdalifah dan Mina, Sabtu 25 Juni 2022.

Didampingi Kepala PPIH Daker Mekkah, Muhammad Hanif dan sejumlah staf, kunjungan Abdul Aziz pada saat itu dimulai dengan mengecek proses pembangunan sarana puncak haji di Arafah.

Selain tenda dan juga adanya penambahan pendingin udara, disediakannya juga salah satu tempat terbuka di lokasi yang tidak dipasang tenda. Di mana, lokasi tersebut digunakan sebagai aula terbuka saat proses wukuf.

Pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga tak lupa menyediakan fasilitas toilet di dekat lokasi tenda jemaah haji Indonesia.  Di mana dengan adanya toilet portable berbentuk box ini akan memberi kenyamanan pada para jemaah haji.

Toilet portable dipasang secara berjejer rapi dengan warna putih bersih, sesuai dengan gambaran orang yang tengah melakukan ibadah haji yaitu suci dan bersih.

Haryanto yang merupakan Kasatgas Arafah berharap dalam waktu dekat ini,persiapan fasilitas wukuf di Arafah bisa sempurna dan rampung 100 persen, sehingga bisa segera menerima jemaah haji Indonesia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya