Mengetahui Amirul Hajj Beserta Tugasnya dalam Pelaksanaan Haji

Delegasi Amirul Hajj 1443 H Tiba di Jeddah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Dalam melaksanakan ibadah haji, tentu harus ada koordinasi antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi agar tidak terjadi miskomunikasi dan ibadah berjalan dengan lancar. Maka dari itu, dibentuk sebuah tim yang bernama Amirul Hajj

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Singkatnya, Amirul Hajj merupakan pemimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi dan bertugas melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. 

Setiap tahun pemerintah Indonesia mengirim tim Amirul Hajj yang berisi beberapa anggota dari sejumlah lembaga dan organisasi masyarakat Islam di Indonesia. Tahun ini, Kemenag memberangkatkan tim Amirul Hajj dari Bandara Soekarno-Hatta pada 1 Juli 2022. Mereka akan bekerja sampai 19 Juli 2022.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Anggota Amirul Hajj 

Dalam musim haji tahun 1443H/2022, tim Amirul Hajj diketuai oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan salah satu wakilnya atau Naib Amirul Hajj yakni Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Arab Saudi.

Photo :
  • MCH 2022

Naib lain adalah perwakilan dari dua organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) bernama Muhammad Al Aidid serta dari Muhammadiyah yaitu Agus Taufiqurrahman. Sementara untuk sekretaris terdapat Ali Hasan Bahar dari Universitas Islam Negeri (UIN).

  • Berikut anggota dari tim Amirull Hajj tahun ini:
  • Arif Fachruddin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Uyun Kamiluddin dari Persatuan Islam
  • Aay Muhammad Furkon, Masyhuri Khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah
  • Faisol Nasar dari Al Irsyad
  • Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung
  • Muhammad Khoiril Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK
  • Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan

Tugas Amirul Hajj

Secara garis besar tugas Amirul Hajj terdiri dari dua hal yaitu memastikan para jemaah melaksanakan ibadah haji dengan benar sesuai syariat Islam serta memastikan pelayanan teknis penyelenggaraan ibadah haji dilakukan dengan sebaik mungkin oleh para petugas. 

Wamenag Zainut Tauhid sekaligus Naib Amirul Hajj tahun ini membeberkan akan terus memantau dan memberikan bimbingan kepada jemaah Indonesia agar melaksanakan haji sesuai syariat serta rukun ibadah haji. Tim Amirul Hajj bertugas memberikan berbagai informasi dan pemahaman demi menjadi haji yang mabrur.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kenayamaan jemaah haji juga harus perhatikan. Maka dari itu, Amirul Hajj bekerja membuat fasilitas jemaah haji dari transportasi, akomodasi, konsumsi, dan sebagainya menjadi aman dan bisa dinikmati oleh seluruh jemaah.

Tak cuma kedua tugas itu, tim Amirul Hajj juga melakukan pengawasan dan evaluasi. Cara mereka melakukan evaluasi dengan menyaring seluruh informasi tentang penyelenggaraan haji dari pihak pelaksana dan jemaah haji.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya