Kapan Malam Takbiran Idul Adha Berlangsung? Simak di Sini

Malam Takbiran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

 VIVA NasionalUmat muslim seluruh dunia, tak lama lagi akan melasanakan hari raya Idul Adha atau bisa juga disebut hari raya kurban karena pada hari tersebut umat muslim dianjurkan bagi yang mampu, untuk melaksanakan kurban. Perayaan Hari Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Dzulhijjah.

Ratusan Pendekar Diterjunkan Mulai Malam Takbiran di Purwakarta Atasi Hal Ini

Nah, biasanya, pada malam sebelum Idul Adha terlebih dahulu melaksanakan malam takbiran di mana suara takbir akan menggema dari mesjid. Namun, tahun ini ada perbedaan malam takbiran Muhammadiyah dengan Pemerintah, berikut perbedaannya. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah  menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijah 1443 H ini bertepatan dengan hari Sabtu, 9 Juli 2022. Keputusan ini tercantum dalam Maklumat No 01/MLM/I.0/E/2022 mengenai Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, serta Dzulhijah 1443 H. Maka, umat Islam yang mengikuti keputusan Muhammadiyah akan memulai takbiran pada Jumat, 8 Juli 2022 malam atau malam Sabtu. 

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Pawai Malam Takbiran

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Berbeda satu hari dengan Muhammadiyah, pemerintah menetapkan Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 bertepatan pada hari Minggu. Sehingga, umat Muslim yang mengikuti keputusan pemerintah akan melakukan takbiran pada Sabtu, 9 Juli 2022 malam atau malam Minggu.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Mengapa bisa berbeda? Penjelasan, mengutip dari berita VIVA hal ini terjadi bukan semata - mata lantaran perbedaan metode hisab dan rukyat, namun juga terkait dengan kriteria tinggi hilal. Untuk diketahui, pemerintah menetapkan ketinggian minimal hilal 3 derajat, sedangkan Muhammadiyah asal telah terjadi konjungsi dan konjungsinya sebelum matahari terbenam maka telah ditetapkan sebagai bulan baru.

Pawai takbiran di Lombok menampilkan teatrikal setan yang dikurung (satria)

Unik, Pawai Takbir di Lombok Ada 'Setan' dan Miniatur Masjid dari Botol

Kelompok remaja di sana menghiasi malam takbiran dengan membuat miniatur masjid dari botol plastik dan setan yang sedang terkurung.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024