Fisik Jemaah Haji Bakal Terkuras di Mina, Ini Pesan Menag

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat berada di Mekah Arab Saudi
Sumber :
  • Kemenag

VIVA NasionalAmirul Hajj yang juga merupakan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas memberikan 2 pesan kepada jemaah haji Indonesia yang sedang melaksanakan Jamarat, salah satu rangkaian ibadah haji.

"Pertama, jemaah harus jaga stamina, jangan lakukan kegiatan yang tidak diperlukan," kata Yaqut kepada Tim MCH (Media Center Haji) di Kantor Urusan Haji Mekah, Sabtu 9 Juli 2022.

"Kedua, ikuti saja yang disampaikan petugas dan pembimbing ibadah. Jangan ambil inisiatif-inisiatif sendiri. Ikuti saja. Karena di Mina ini puncak kebutuhan fisik, jemaah sangat membutuhkan kekuatan fisik," ujarnya

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Saya harap jemaah tetap jaga stamina dan mengikuti pembimbing ibadah," imbuhnya

Menag Yaqut sendiri mulai berjalan kaki ke Mina untuk melaksanakan Jamarat, Sabtu sore ini sekitar pukul 18.00 WAS. Amirul Hajj didampingi rombongan berjalan kaki dari Kantor Urusan Haji Indonesia di Mekah.

Ia mengenakan rompi hitam dan kemeja putih. Sosok yang kerap disapa Gus Men ini mengaku tidak punya persiapan khusus untuk melaksanakan lempar jumrah.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

"Persiapannya? disehat-sehatin aja badan. Minum vitamin, streching-streching dulu tadi. karena jalannya cukup jauh nih," kata Menag Yaqut.

Menurutnya, untuk melaksanakan rangkaian ibadah ini butuh stamina yang prima. Sebab melaksanakan jamarat, seluruh jemaah harus melakukan perjalanan panjang sekitar 4 kilometer.

"Ke Jamarat kurang lebih 1,5 km, kemudian menuju Mina kurang lebih 3,5 km. Jadi kurang lebih total 4 km lah," lanjut Menag Yaqut.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024