Bakal Ada Kuota Khusus Buat Calon Haji Lanjut Usia Tahun 2023

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyalami jemaah haji
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bakal ada juota khusus buat calon haji usia lanjut pada penyelenggaraan haji tahun depan. Ini setelah Menag bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Seperti diketahui, di musim haji tahun ini, Arab Saudi memberikan batasan usia bagi para jemaah yang akan datang untuk berhaji. Yaitu, para jemaah yang akan berhaji tahun ini maksimal 65 tahun.

"Ini disampaikan pada waktu pertemuan itu, akan ada kuota khusus untuk (jemaah) usia lanjut," kata Menag usai memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan haji 2022 di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu 16 Juli 2022.  

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Defenisinya seperti apa saya belum tahu juga, lebih baik kita tunggu saja. Tapi ini intens, setiap hari saya masih WA-an dengan menteri haji (Arab Saudi) untuk dapat updatenya seperti apa," lanjutnya.

Dalam rapat evaluasi ini, hadir delegasi Amirul Hajj, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, tim pengawas,  stafsus Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief beserta jajarannya, serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Menag, Yaqut Cholil Qoumas usai memimpin rapat evaluasi haji 2022

Photo :
  • MCH 2022

Sebelumnya, Menag juga mengatakan, Indonesia berpeluang mendapat kuota jemaah haji lebih banyak dibanding penyelenggaraan haji tahun ini. Kabar ini juga diterima langsung Menag dari Menteri Haji Arab Saudi.

Untuk tahun ini, tercatat  kuota jemaah haji Indonesia mencapai 100.051 orang. Ini kurang dari setengah dari kuota Indonesia di masa normal. Seperti diketahui, haji 2022 merupakan penyelenggaraan haji pertama pasca pandemi COVID-19.

"Informasi yang saya dapatkan dari Menteri Haji (Arab Saudi) saat saya bertemu beberapa hari lalu, beliau mengatakan, Insya Allah, akan lebih banyak dari tahun ini," kata Menag.

Soal angka pasti kuota haji Indonesia tahun depan? "Belum dong, itu pemerintah Saudi yang akan mengumumkan, bukan saya (Menag). Kalau saya maunya 100 persen. kita tunggu saja update terbarunya nanti."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya