Ramai-ramai Bantah Isu Orang Tua Bharada E Disekap di Mako Brimob

Ketua LPSK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Belum lama, pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yaitu Kamaruddin Simanjuntak membuat pernyataan bahwa orang tua dari Richard Eliezer atau Brigadir E saat ini disekap di Markas Komando (Mako) Brimob.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Kamaruddin mengaku punya data-data terkait tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap kliennya.

“Misalnya seperti Bharada E itu sudah saya indentifikasi dari Mapanget, Sulawesi sana, orang tuanya semua, dan orang tua (Bharada E) disekap di Brimob enggak tau kenapa," ujar dia kepada wartawan, Kamis 25 Agustus 2022.

Perampokan di Minimarket Tasikmalaya, Pegawai Disekap hingga Diseret Pelaku saat Melawan

Pengacara Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

Photo :
  • ANTARA/Tuyani

Namun, pernyataan bahwa orang tua Bharada E disekap di Mako Brimob dibantah oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK. Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan orangtua Bharda E bukan disekap, melainkan dibawa ke Mako Brimob untuk diamankan. Dengan alasan keamanan. 

Siswa SD di Indramayu Jadi Korban Bullying, Ditelanjangi dan Ditendang Temannya

"Enggak, enggak disekap, bukan disekap ya. Sebenarnya diamankan supaya tidak ada ancaman pada yang bersangkutan," kata Hasto pada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 25 Agustus 2022. 

Hasto pun memastikan LPSK akan memberikan perlindungan terhadap orangtua Bharda E bila diminta. "Kalau nanti diperlukan mereka minta ya kami akan berikan," lanjutnya. 

Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer atau Bharada E.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp

Pihak Polri juga membantah adanya penyekapan yang dilakukan pada orang tua Bharada E. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan tidak ada konfirmasi soal informasi tersebut penyekapan tersebut "Tidak ada konfirmasi terkait hal tersebut," kata Dedi. 

Selain bantahan LPSK dan pihak Polri, kuasa hukum Bharada E Ronny Talapessy juga membantah hal ini. "Keluarganya berada di suatu tempat yang aman dalam perlindungan keluarga dan pengacara," kata Ronny.

Dipastikan, orang tua Bharada E bukan berada di Mako Brimob seperti yang dikatakan Kamaruddin. Namun, mereka memang ditempatkan di suatu tempat untuk menjaga privasi. "Untuk menjaga privasi dari orang tua Bharada E," ujar Ronny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya