Luncurkan Aplikasi Ustadzkita, Menag: Permudah Umat Mencari Ustaz

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor sekaligus Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra.

VIVA Nasional – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas luncurkan aplikasi ‘Ustadzkita’ pada acara Halaqah Dai dan Pengukuhan Majelis Dai Kebangsaan di Jakarta, Selasa 6 September 2022. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dan sudah bisa diakses melalui PlayStore.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Aplikasi Ustadzkita diharapkan bisa diakses masyarakat umum sehingga masyarakat bisa mencari dai untuk diundang memberikan tausiah dan pemahaman keagamaan," kata Yaqut, dikutip dari siaran pers Kemenag.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor sekaligus Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Photo :
  • VIVA/B.S.Putra
Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Menjadi dai, sambung Yaqut, bukan hal mudah. Dai bukan hanya orang yang piawai menyampaikan orasi, atau dapat berbicara dengan baik dan runut, diselingi sedikit humor sehingga objek dakwah terhibur.

"Akan tetapi, dai adalah orang yang bisa menyampaikan pendapat dan pesan keagamaan sesuai dengan pikiran pendengar, dan ini tidak mudah. Dibutuhkan seni tersendiri untuk melakukan hal ini," tambahnya.

Menag Terbitkan Edaran, Penyuluh Agama dan Penghulu Diminta Dukung 4 Program Prioritas Pemerintah

Selain sebagai pencemaran, lanjut Gus Men, panggilan akrab Yaqut, dai juga mengemban peran penting sebagai pembawa kasih sayang di tengah masyarakat.

"Dulu orang mengasihi karena agama. Sekarang ada orang yang menggunakan agama untuk membenci satu sama lain. Tentu ini pekerjaan rumah yang harus ditanggung para dai. Tidak boleh lagi ada kebencian yang terjadi atas nama agama," pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya