Fakta-fakta Pertemuan Lukas Enembe-Jenderal Tito di Rumah Kepala BIN

Mendagri M. Tito Karnavian bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe,
Mendagri M. Tito Karnavian bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe,
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA Nasional – Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening mengklaim ada motif politik di balik penetapan kliennya sebagai tersangka kasus gratifikasi sebesar Rp 1 miliar. Motif politik itu terendus dari munculnya upaya mengganjal Lukas Enembe maju di Pilkada Papua tahun 2018.

Menurut kuasa hukum, tahun 2017, Enembe sempat melakukan pertemuan dengan Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw

Pertemuan berlangsung di rumah dinas Kepala BIN Budi Gunawan, difasilitasi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Daerah Papua Brigjen Napoleon pada 4 September 2017. Foto-foto pertemuan itu ramai beredar pada 14 September 2017, sebelum pendaftaran Pilgub Papua 2018.

Berikut adalah fakta-fakta pertemuan tersebut:

1. Kursi Wagub Papua

Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur Papua

Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur Papua

Photo :
  • VIVA.co.id/istimewa

Dalam pertemuan itu, kuasa hukum Enembe menyebut Kepala BIN Budi Gunawan diduga menyodorkan surat pernyataan yang berisi enam kesepakatan, antara lain sepakat menerima Irjen Paulus Waterpauw sebagai wakil Gubernur untuk mendampingi Lukas Enembe di dalam kontestasi Pilkada 2018. 

Halaman Selanjutnya
img_title