Tim Gabungan Tangkap Komplotan Pemburu Rusa Sambar

Petugas sita barang bukti perburuan rusa di Sumbar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA Nasional – Tujuh pemburu satwa liar jenis rusa sambar berhasil diringkus tim gabungan dari Unit Reskrim Polsek Batang Anai dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Resor Padang Pariaman. Tujuh pelaku tersebut tercatat sebagai warga Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman.

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Ardi Andono mengatakan, tujuh pelaku masing-masing berinisial S (66 tahun), A (29 tahun), A (60 tahun), K (72 tahun), R (26 tahun), S (61 tahun) dan, S (53 tahun) itu, ditangkap pada Rabu, 5 Oktober 2022. Guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut, kasus tersebut baru dirilis saat ini.  

Petugas sita barang bukti perburuan rusa di Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)
Antisipasi Erupsi Marapi Ganggu Penerbangan, Sumbar Modifikasi Cuaca Bikin Hujan Buatan

“Yang pasti, ini merupakan laporan warga yang resah dengan perburuan menggunakan senjata api rakitan yang berdampak buruk terhadap alam, ketersediaan makan Harimau Sumatra. Rusa sambar itu dilindungi oleh negara sehingga tidak boleh diburu. Mereka menggunakan alat yang lengkap. Artinya, mereka memang pemburu profesional,” kata Ardi, Jumat, 7 Oktober 2022.

Ardi menjelaskan, ketujuh pelaku ini melakukan aktivitas perburuan rusa sambar di kawasan Suaka Margasatwa Barisan yang merupakan salah satu kawasan kantong atau habitatnya Harimau Sumatra. 

Ahli Kubu 03 Sebut Kekalahan Prabowo di Aceh dan Sumbar karena Gabung Jokowi

Penangkaran Rusa Sambar di Penajam Paser Utara.

Photo :
  • Kaltimprov

“Adanya perburuan ini, Harimau Sumatra juga terganggu dan terancam. Kita harap, dengan kasus ini masyarakat jera dan menghentikan perburuan. Bagi yang masih memiliki senjata api rakitan, segera serahkan ke yang berwajib,” ujar Ardi.

Terpisah, Kapolsek Batang Anai, Iptu Manahan Afrianto Simatupang menjelaskan, dari pengungkapan kasus ini pihaknya menyita sejumlah barang bukti di antaranya 4 pucuk senjata api rakitan jenis balansa, 1 ekor rusa sambar, 2 botol misiu, dan 18 butir peluru dari aki bekas.

“Ketujuh pelaku berikut barang bukti sudah dibawa dan diamankan di Mapolsek Batang Anai. Sudah diserahkan ke Unit 2 Tipiter Polres Padang Pariaman untuk dilakukan proses lebih lanjut,” ujar Manahan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya