Akses Bandara Minangkabau Ditutup Sementara Akibat Banjir, Cek Jalur Alternatifnya

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Akses jembatan penghubung menuju Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatra Barat, ditutup sementara sejak Jumat, 8 Maret 2024.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Capt. Megi H. Helmiadi menjelaskan, hal ini dikarenakan terkikisnya pondasi atau pasir yang berada di bawah jembatan.

"Karena genangan air akibat curah hujan yang sangat tinggi, sehingga mengalami kerusakan dan tidak dapat dilewati kendaraan," kata Megi dalam keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Padang-Bandara Internasional Minangkabau

Photo :
  • VIVA / Andri Mardiansyah (Padang)

Dia berharap calon penumpang pesawat untuk datang lebih awal dari jam keberangkatan pesawat. Guna mengantisipasi tertutupnya akses menuju bandara, telah disediakan dua unit free shuttle bus dari Jembatan Batang Anai menuju bandara dan sebaliknya.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Megi memastikan, otoritas bandara juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pemerintah daerah setempat. Untuk sementara, masyarakat yang hendak menuju bandara disarankan dapat menggunakan jalur kereta api atau jalur alternatif.

Jalur alternatif dari Kota Padang menuju bandara yakni melalui flyover, kemudian belok kiri ke Pasar Usang Batang Anai, lalu belok kiri ke Simpang 3 Goreng.

Sedangkan dari arah Bukittinggi belok kanan ke Pasar Usang Batang Anai, kemudian belok kiri ke Simpang 3 Goreng. "Saat ini penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau masih berjalan normal," kata Megi.

Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar

Photo :
  • Dokumentasi Angkasa Pura II

"Kita berharap cuaca buruk ini segera berakhir dan semua kerusakan dapat diatasi. Kami akan selalu memastikan keselamatan dan kemanan penerbangan tetap terpenuhi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya