Korban Meninggal akibat Gagal Ginjal Akut di Kepulauan Riau Jadi 6 Anak

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Mochammad Bisri.
Sumber :
  • ANTARA/Ogen

VIVA Nasional – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah anak meninggal dunia akibat kasus gagal ginjal akut di daerah tersebut bertambah menjadi 6 orang setelah sebelumnya 5 orang.

Cakupannya Menurun, Kemenkes Imbau Lengkapi Vaksinasi Anak-anak hingga Orang Dewasa

"Total sekarang ada 7 kasus, 6 orang anak meninggal, dan 1 orang anak masih dirawat intensif," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Mochammad Bisri di Tanjungpinang, Selasa, 25 Oktober 2022.

Bisri menjelaskan ketujuh korban itu tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Karimun 3 orang, Kota Batam 2 orang, dan Kota Tanjungpinang 2 orang.

Angin Puting Beliung Ngamuk Robohkan 103 Rumah di Karimun

Ia menyampaikan korban gagal ginjal akut rata-rata anak berusia dua tahun hingga enam tahun.

Gagal ginjal.

Photo :
  • U-Report
Ruben Onsu Akui Ada Masalah Pada Penglihatan hingga Harus Dipantau Dokter

Bisri mengatakan sebenarnya kasus gagal ginjal akut ini bukan barang baru, namun sudah ada sejak lama. Namun demikian, menurutnya, penyakit tersebut baru menjadi perhatian secara nasional sejak Agustus 2022.

"Jadi, dari penelusuran kita, penyakit ini mulai meningkat sejak Agustus. Sebelum itu juga sudah ada, dalam sebulan maksimal satu kasus gagal ginjal akut, khususnya di Provinsi Kepri," ujar Bisri.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik

Sebagai bentuk antisipasi gagal ginjal akut, Dinas sudah meminta seluruh apotek utuk tidak menjual obat dalam bentuk cairan atau sirup sampai ada instruksi lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan.

Selain itu, ia turut mengimbau orangtua tidak memberikan anak obat sirup apabila mengalami sakit demam. "Cukup dikasi kompres air hangat atau dingin. Tapi kalau ragu, bisa dibawa ke puskesmas atau rumah sakit," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya