Urip Saputra Bikin Skenario Pura-pura Mati Gegara Utang Rp 1,5 Miliar

Urip Saputra, pria yang viral meninggal hidup lagi tengah menjalani pemeriksaan
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Nasional – Polisi mengungkap pengakuan Wen Shi (WS) Urip Saputra (US), rohaniawan Khonghucu yang diklaim meninggal dunia dan hidup kembali dari peti jenazah. Skenario yang dia lakukan adalah untuk menghindari utang Rp 1,5 miliar.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin mengatakan Urip dan Istrinya telah menyerahkan diri ke Polres Bogor didamping pengacaranya. Keduanya menjalani pemeriksaan secara intensif sejak Jumat malam sampai Sabtu sore, 20 November 2022.

Dari pemeriksaan awal, terungkap bahwa Urip benar pura-pura mati dan itu merupakan rekayasa Urip dan istrinya karena malu memiliki hutang besar. Utang Urip, kata Kapolres, berjumlah Rp 1,5 miliar.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Dengan jumlah utang yang cukup besar, muncul ide untuk merekayasa kematian yang dilakukan di salah hotel di Jakarta. Urip merekayasa kematian karena sudah benar-benar terpojok hutangnya terlalu besar dan bingung untuk membayarnya.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

"Utangnya Rp 1,5 miliar ditempat kerja, karena memiliki jabatan tertentu di organisasi (Rohaniawan) sehingga muncul lah ide tersebut untuk merekayasa kematian," ujar Kapolres.

Kapolres memastikan terhadap kasus ini masih dilakukan pemeriksaan. Sejauh ini, polisi belum punya kesimpulan untuk meningkatkan statusnya ke penyidikan.

"Dalam kejadian viral Urip mati suri itu sampai saat ini belum ada yang dirugikan dan juga kita akan mendalami penyebar video pertama akan menanyakan untuk kepentingan apa mengunggah video tersebut," ungkapnya

Pria di Bogor sudah dinyatakan meninggal ternyata masih hidup

Photo :
  • Instagram @say.viideo

Pun dengan penetapan suami-istri itu sebagai tersangka, polisi harus mengumpulkan keterangan dari US dan Istrinya, termasuk saksi-saksi lain, untuk mengetahui kerangka hukumnya. 

"Jadi kita masih melakukan pemeriksaan dan pendalaman tidak semudah itu langsung menetapkan tersangka seseorang," ungkapnya.

Sebelumnya Satreskrim Polres Bogor mencari keberadaan Wen Shi (WS) Urip Saputra (US), rohaniawan Khonghucu yang viral karena diklaim meninggal dunia dan hidup kembali dari peti jenazah. Polisi mencari Urip dan istrinya untuk dimintai keterangan terkait kabar yang membuat geger publik tersebut.

Belakangan, Urip dan istri akhirnya menyerahkan diri ke polisi pada Jumat malam.

Polisi masih menggali keterangan Urip dan istri terkait motif pura-pura meninggal dunia. Dalam skenario tersebut, polisi juga sudah memeriksa beberapa saksi saat US masih hidup di antaranya, dua orang sopir ambulans, dua orang pihak hotel di mana tempat US dan Istrinya berangkat di Jakarta Selatan. Serta saksi saat US sudah dalam peti mati. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya