Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Terafiliasi Jaringan JAD

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar bernama Agus Sujatno. Pelaku diketahui terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung

Penampakan Bom Tentara Israel Jatuh Dekat Rumah Warga Gaza, Masih Utuh

"Pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung atau Jawa Barat," ujar Sigit kepada wartawan saat meninjau Polsek Astana Anyar, Rabu, 7 Desember 2022.

Bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)
BNPT Usulkan Repatriasi WNI yang Sempat Gabung ISIS dan Ditahan di Kamp-kamp Suriah

Kata Sigit, Agus Sujatno masuk ke dalam kelompok merah. Upaya dan proses deradikalisasi pun telah dilakukan terhadap Agus meskipun yang bersangkutan masih susah untuk diajak bicara.

"Bersangkutan sebelumnya ditahan diproses di Lapas Nusakambangan. Dalam tanda kutip masuk dalam kelompok merah. Proses deradikalisasi membutuhkan teknik dan taktik yang berbeda. Masih susah untuk diajak bicara dan cenderung menghindar walaupun sudah melaksanakan aktivitas," ujarnya.

WN Australia Gembong Narkoba Buronan BNN Nyamar jadi Turis Tinggal di Gili Trawangan

Diberitakan sebelumnya, Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat diserang pria tak dikenal yang berujung dengan ledakan bom bunuh diri, Rabu pagi ini 7 Desember 2022. 

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung menuturkan awal mula ledakan itu terjadi. Aswin menuturkan, kejadian tersebut berawal ketika anggota Polsek Astanaanyar tengah melakukan apel pagi.

"Kami laporkan pukul 08:20 WIB Polsek Astanaanyar sedang apel pagi," tutur Aswin dalam keterangannnya, Rabu 7 Desember 2022.

Polsek Astana Anyar Bandung

Photo :
  • istimewa

Kemudian, lanjut Aswin, saat apel itu para anggota didatangi seorang laki-laki sambil membawa senjata tajam. Pria tersebut juga sempat mengacungkan senjata tajam itu. Pria tersebut menerobos para anggota polsek yang sedang melakukan apel pagi.

"Tiba-tiba ada seorang laki-laki masuk ke Polsek mengacungkan senjata tajam menerobos barisan apel pagi, seketika anggota menghindar," terangnya.

Setelah melakukan aksinya menerobos anggota Polsek Astanaanyar yang apel itu, lalu terdengarlah ledakan yang kemudian diduga bom bunuh diri itu. "Tidak lama kemudian ada ledakan. Pelaku pembawa bom tersebut meninggal dunia di Polsek Astanaanyar," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya