Kapolres Bogor Pastikan Video Viral Bernarasi Pesta LGBT Itu Hoaks

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR.

VIVA Nasional – Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, angkat bicara soal video viral acara designer, yang banyak dihadiri kaum waria dengan dinarasikan pesta LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender).

Khansa Tabina, Konten Kreator yang Sosoknya Jadi Sorotan Gegara Film Siksa Kubur Joko Anwar

Kapolres memberi penjelasan, usai pihaknya menyelidiki acara tersebut. Acara bernama Miss Grand Indonesia yang berlangsung di Sentul Internasional Convention Center (SICC), itu merupakan ajang fashion. Sementara narasi LGBT yang dibangun, menurutnya adalah hoaks.

"Dari hasil penyelidikan yang kita lakukan terkait beredarnya video kegiatan LGBT tersebut, kami pastikan bahwa video yang beredar merupakan berita hoaks atau berita bohong," kata Iman, menanggapi isu yang berkembang di media sosial saat di jumpai di Mapolres Bogor, Selasa 13 Desember 2022.

Video Truk Pengakut Motor-motor Baru Terguling, Beat dan Vario Hancur Terlempar

Lanjut Iman menjelaskan, dalam video yang beredar tersebut merupakan kegiatan Miss Grand Internasional 2022 yang di gelar sekitar bulan Oktober lalu. Berkaitan busana yang dikenakan, kata Iman, merupakan bagian dari acara.

"Bukan kegiatan kaum LGBT. Jadi dalam kegiatan tersebut memang dihadiri oleh banyak tamu dari berbagai kalangan dengan menggunakan berbagai desain kostum yang beraneka ragam yang merupakan bentuk kegiatan kesenian berbusana," kata Kapolres.

Pelaku Curanmor Babak Belur dan Nyaris Telanjang, Begini Ceritanya

Sebelumnya diberitakan, beredar luas video dengan narasi adanya pesta LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender) di Sentul International Convention Center (SICC), Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor. Namun video tersebut dibantah Kepolisian Resor Bogor, bahwa acara tersebut adalah Miss Grand International 2022.

Dari video yang beredar diakun tiktok @asyahrandi.  'Pageant Lovers Indonesia emang terbaik' tulis keterangan. Tampak para tamu undangan merupaka waria atau wanita pria. Pria yang berpakaian wanita. Meski begitu, tak ada tulisan maupun simbol LGBT dalam video tersebut.

Terkait acara ini, Kepolisian Resor Bogor melalui Kasi Humas, Iptu Desi Triana menyampaikan, bahwa acara tersebut bukan acara LGBT melainkan acara fashion internasional.

"Kapolsek Babakanmadang sudah menjelaskan, bahwa acara di SICC memang ada dan itu acara Miss Grand International 2022, bukan pesta LGBT di Sentul  Bogor," jelasnya kepada Wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya