Pipa Gas PetroChina Jambi Meledak, 8 Pekerja Alami Luka Bakar Serius

Kebakaran pipa gas Petrocina di Tanjung Jabung Jambi
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA Nasional – Semburan api saat penyambungan pipa gas di Desa Pematang Buluh Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, menyebabkan delapan orang terbakar dan langsung dibawa ke rumah sakit. 

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Informasi dihimpun VIVA, semburan api diketahui dari Pipa Line Gas PetroChina yang bocor dijalur Sumur Neb 9 PAD Desa Pematang Buluh yang mengakibatkan Karyawan PT. Trans Dana Profitri Subkontraktor PetroChina Internasional Jabung terbakar. 

Kapolsek Betara, Iptu Dusep saat dikonfirmasi membenarkan ada delapan orang terbakar saat memperbaiki pipa gas yang berlokasi Sumur Neb#9 PetroChina Internasional Jabung, Desa Pematang Buluh. 8 orang yang terbakar langsung dibawa kerumah sakit untuk perawatan intensif. 

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan

"Ya benar, yang terbakar tersebut merupakan Karyawan PT. Trans Dana Profitri Subkontraktor PetroChina Internasional Jabung," kata Kapolsek Betara, Iptu Dusep, Selasa, 20 Desember 2022.

Korban luka bakar kebakaran pipa gas Petrochina di Tanjung Jabung Jambi

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution
Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Dusep menyebutkan, para korban yang terbakar diantaranya bernama Randi Jabatan HEO, Arbain Jabatan HEO, Kastalani Jabatan HEO, Rubianto Jabatan DM, Aris Setiawan Jabatan Konsub, Eka Jabatan Analis Plat, Ceary dan Rafi. 

"Saat delapan orang terbakar langsung di rujuk ke Klinik BGP PetroChina Internasional Jabung Betara 6 dan selanjutnya dibawa ke RSUD Khy Daud Arif Kuala Tungkal untuk penanganan medis dan atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa meninggal dunia," ungkapnya

Atas peristiwa terbakarnya delapan orang, polisi memeriksa para saksi termasuk security, relation officer PT. Trans Dana Profitri bernama Nurhairudin dan untuk peristiwa tersebut tepat Minggu dinihari 18 Desember 2022, sekitar pukul 02.10 Wib. 

"Untuk akses jalan masyarakat sementara melalui jalan lama Desa Pematang Buluh Kecamatan Betara, Jambi dan korban luka bakar saat ini yang berada di RSUD Khy Daud Arif Kuala Tungkal dan akan dirujuk ke Rumah Sakit Siloam," ujarnya

Terpisah, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dedy saat dikonfirmasi membenarkan ada 8 karyawan PetroChina terbakar saat memperbaiki pipa dan para pekerja yang terluka sudah ditangani oleh pihak perusaan untuk mendapat perawatan terbaik. 

"Ya benar, pihak perusahaan sudah mengirim surat ke Disnakentrans terkait kecelakaan kerja dan pihak PetroChina akan Investigasi terlebih dahulu baru Disnakertrans turun ke lokasi kejadian," ungkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya