Airlangga: Pandemi COVID-19 di Indonesia Sudah Berubah Jadi Endemi

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut bahwa kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini sudah berubah menjadi endemi. Sebab menurut Airlangga, saat ini kasus COVID-19 di Indonesia sudah cukup landai dalam waktu satu tahun terakhir.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Airlangga yang juga menjadi Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa-Bali itu mengatakan bahwa berdasarkan standar yang dibuat World Health Organization atau WHO, COVID-19 di Tanah Air saat ini sudah berada pada posisi level 1. Sehingga bisa dikatakan pandemi di Indonesia sudah menjadi endemi.

"Sudah hampir 1 tahun Indonesia landai, artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk pandeminya sudah berubah menjadi endemi," kata Airlangga, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 21 Desember 2022

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Car Free Day di Jakarta diberlakukan lagi setelah masa pandemi

Photo :
  • VIVA/Wilibrodus

Airlangga mengatakan, belakangan ini penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia juga sudah berada di bawah 2.000 kasus perhari. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah tengan menyiapkan kajian untuk menentukan bagaimana penanganan COVID-19 di Indonesia kedepannya.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

"Ini sudah level 1 dan terakhir kan kita semua di bawah 2.000 orang, tentu masih ada persiapan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan antara lain sero survei tapi ya Insya Allah ini bisa dilakukan," ujar Airlangga.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa Indonesia akan segera mengakhiri kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Menurut Jokowi, diperkirakan kebijakan tersebut akan diakhiri pada akhir tahun 2022 ini.

Kepala Negara mengatakan, saat ini penanganan kasus Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah dapat dikendalikan dengan baik. Terbukti kasus positif dari yang jumlahnya mencapai puluhan ribu, dan terakhir hanya di angla 1.200 per hari.

"Hari ini kemarin, kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," kata Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2022.

Jokowi mengatakan perjalanan Indonesia menangani pandemi COVID-19 bukan hal yang mudah. Dia mengingat pada saat awal COVID-19 mencapai puncak gelombang pertama dimana kasus positif mencapai 56.000 kasus harian.

Pandemi Covid-19.

Photo :
  • times of india

Saat itu, hampir semua menteri Kabinet Indonesia Maju menyarankan untuk melakukan lockdown. Tetapi saat itu Pemerintah tak mengambil keputusan itu karena mempertimbangkan ekonomi.

"Saat Delta masuk, kasus harian kita mencapai 56.000 kasus, saat itu saya ingat hampir 80% menteri menyarankan saya untuk Lockdown termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain Sekarang ini," ujar Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya