Hari Pertama Operasi Lilin 2022, Polri Catat 114 Kecelakaan 18 Orang Meninggal

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

VIVA Nasional – Pada hari pertama Operasi Lilin 2022 dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat telah terjadi 114 kecelakaan dan diantaranya 18 orang meninggal dunia.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

"Jumlah kecelakaan di seluruh Indonesia, di hari pertama ada 114 kejadian. Dengan korban meninggal dunia 18 orang di hari pertama Operasi Lilin 2022," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, Sabtu 24 Desember 2022.

Kapolri-Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Selain itu, Aan juga menyebut peristiwa kecelakaan di hari pertama operasi lilin sebanyak 123 orang mengalami luka ringan dan 10 orang luka berat. "Itu untuk evaluasi hari pertama Operasi Lilin 2022," ujar dia.

Kemudian, Aan menerangkan terdapat sejumlah ruas di jalan tol dan jalur wisata yang rawan terjadinya kecelakaan. Lokasi rawan tersebut mendapatkan perhatian khusus dari pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

"Kita juga sudah bekerja sama dengan Kemenhub untuk mengadakan Ramp Check kepada seluruh bus yang mau ke wisata untuk ke terminal," jelas dia.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022. Apel tersebut digelar di Monas, Jakarta Pusat, Kamis 22 Desember 2022.

Apel ini diikuti oleh 2.195 personel gabungan dari TNI-Polri bersama instansi terkait lainnya. Hingga saat ini, apel gelar pasukan masih berlangsung. 

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Polri menggelar Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jenderal Sigit menyebut ada ratusan ribu personel yang terlibat dalam operasi itu.

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut dengan Operasi Lilin," ujar Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 16 Desember 2022. 

Sigit mengungkapkan, operasi tersebut digelar selama sekitar dua pekan mulai dari 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya