Waspada! Gelombang Tinggi Terjadi di Laut Jawa Barat-DIY

Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai ternate
Sumber :
  • TvOne/Irfan Gusti

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau wisatawan yang akan ke pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

“Saat liburan akhir tahun seperti sekarang ini, pantai tentunya menjadi salah satu objek wisata pilihan masyarakat untuk berlibur. Namun, wisatawan harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Selasa 27 Desember 2022 dilansir dari ANTARA. 

Ilustrasi Gelombang Tinggi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Berdasarkan hasil analisis, kata dia, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot. 

Lebih lanjut, gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut berpotensi mengakibatkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang. 

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

“Oleh karena itu, hari ini (27/12) kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY yang berlaku hingga hari Rabu (28/12) dan akan diperbarui jika ada ada perkembangan lebih lanjut,” terangnya. 

Dalam hal ini, kata dia, tinggi gelombang di laut selatan Jabar-DIY diprakirakan mencapai kisaran 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi. 

Teguh juga mengatakan bahwa gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi di perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta. 

Selain itu, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di wilayah Samudera Hindia selatan Cianjur, Samudera Hindia selatan Garut, Samudera Hindia selatan Tasikmalaya, Samudera Hindia selatan Pangandaran, Samudera Hindia selatan Cilacap, Samudera Hindia selatan Kebumen, Samudera Hindia selatan Purworejo, dan Samudera Hindia selatan Yogyakarta. 

Gelombang tinggi di melanda sejumlah wilayah pesisir di Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

“Terkait dengan hal itu, bagi wisatawan yang berwisata di pantai diimbau untuk tidak berenang atau bermain air di pantai, terutama wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas,” ujar Teguh. 

Menurutnya, hal itu disebabkan gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu, sehingga dapat mengancam keselamatan wisatawan yang berenang atau bermain air di pantai. 

Ia juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap pelayaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya