1.980 Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Thailand di GBK Sore Ini

Ilustrasi pengamanan aparat gabungan TNI-Polri
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Nasional – Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan ada ribuan personel gabungan dari Polri dan TNI untuk mengamankan jalannya pertandingan sepakbola Piala AFF antara Timnas Indonesia vs Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Kamis, 29 Desember 2022.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Kita siapkan 1.980 petugas pengamanan Polri dengan TNI, Satpol PP, damkar dan kesehatan," kata Agung saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis, 29 Desember 2022.

Menurut dia, aparat keamanan yang dikerahkan untuk mengawal jalannya pertandingan tersebut nantinya disebar ke beberapa titik. "Khusus untuk pengamanan didalam Zona 1 lapangan hijau sampai tribun dan pintu masuk disiapkan 500 steward," ujarnya.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sementara, Agung menyebut kapasitas penonton juga dibatasi hanya 50.000 orang dari kapasitas Stadion GBK sesungguhnya 77.193 orang. Maka dari itu, penonton diimbau untuk menjaga perilaku yang baik selama menyaksikan langsung laga sepak bola Indonesia melawan Thailand nanti.

Polri menggelar persiapan pengamanan pertandingan Piala AFF

Photo :
  • dok Polri
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Himbauan agar penonton menjaga perilaku dengan tidak membawa barang berbahaya, duduk di tempat duduk sesuai nomor tempat duduk dan tribun yang tercantum dalam tiket, serta bertempat dengan penonton lainnya, sehingga dapat dinikmati pertandingan Indonesia melawan Thailand," ungkapnya

Berdasarkan hasil evaluasi, pengamanan pertandingan masih perlu disempurnakan. Meski demikian pertandingan berjalan cukup baik.

Beberapa kendala yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan seperti antrean tiket yang terlalu lama, Polri menyarankan pihak penyelenggaraan untuk menambah jumlah petugas tiketing di setiap pintu masuk menjadi 10 orang.

Kemudian meminta steward untuk memahami tugas utamanya, yaitu mengarahkan penonton duduk sesuai tiketnya, memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan, dan tidak ikut menonton pertandingan.

Lalu Safety and Security Officer (SSO) yang benar-benar berkoordinasi dengan steward dan kepolisian yang berada di zona dua, dengan memberikan informasi yang akurat terkait situasi di dalam stadion ke petugas kepolisian.

Sesuai arahan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada saat mengecek kesiapan Stadion GBK untuk Piala AFF pada Selasa, 20 Desember 2022 lalu, menyatakan pihak Polri berada di ring luar lapangan, baru akan masuk ke lapangan bila ada permintaan dari petugas keamanan yang berada di dalam lapangan.

Anggota Polri yang mengamankan pertandingan di lapangan sepak bola tidak boleh membawa senjata api dan gas air mata. Bergerak berdasarkan kondisi di lapangan sesuai kondisi yang ditetapkan, yakni kondisi kuning, hijau dan merah (ancaman).

Pertandingan Indonesia versus Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022, pukul 16.30 WIB. Pemenang laga ini akan lolos ke semifinal turnamen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya