Detik-detik Truk Semen Nyemplung ke Laut di Pelabuhan Merak

Truk semen tercebur di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Truk bermuatan semen tercebur ke laut di dermaga 5 Pelabuhan Merak pada Rabu malam, 28 Desember 2022. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.15 WIB.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Penyebabnya, truk itu mengalami patah as roda saat akan memasuki rampdoor atau jembatan ke dalam kapal. Polres Cilegon telah memintai keterangan dari sejumlah instansi yang bertanggung jawab di dalam Pelabuhan Merak.

"Truk yang mau masuk ke kapal itu patah as, kami sudah meminta klarifikasi ke kepala BPTD, ASDP, Gapasdap, asuransi dan operator kapal," Kabag Ops Polres Cilegon, Kompol Andi Suherman, Kamis, 29 Desember 2022.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kompol Andi bercerita, setelah semua instansi berembuk dan sepakat bahwa hal tersebut merupakan musibah yang disebabkan patah as roda truk bermuatan semen yang akan menyebrangi Selat Sunda.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Karena sudah ada musyawarah dan pemeriksaan yang dilakukan kepolisian, maka seluruh pihak diminta tidak ada yang melakukan penuntutan atau berkeluh kesah dikemudian hari.

"Tentunya kami melakukan sebagaimana kewajiban agar tidak ada kesalahpahaman atau menuntut dibelakangnya. Apabila ini sudah disepakati bersama, maka menghindari saling klaim-mengklaim," terangnya.

Truk semen tercebur di Pelabuhan Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Kernet dan sopir berhasil turun dari truk untuk menyelamatkan diri, sebelum kendaraan bermuatan 24 ton semen nyemplung ke laut. 

Sebelum jatuh ke laut, sempat ada petugas derek Pelabuhan Merak akan mengevakuasi kendaraan tersebut, karena cuaca buruk hal itu urung dilakukan, karena berbahaya.

"Penumpang selamat, wakti patah as itu kan, di rampdoor, dia loncat. Ada dua penumpang. (Muatan semen) 24 ton. Sebelumnya ada petugas derek ada upaya ngangkut truk, cuaca buruk enggak memungkinkan," ujar anggota Basarnas Banten, Fauzan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno menyatakan bahwa usai kejadian tersebut, telah dilakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait seperti PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), Kepolisian, operator, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten.

Dia memastikan bahwa kondisi dermaga dan movable bridge saat ini aman. Truk yang mengalami insiden dan tengah membawa muatan semen itu pun, saat ini sedang diselidiki apakah membawa muatan berlebih atau tidak.

"Kami juga sudah meminta pada petugas di lapangan, untuk bertindak tegas kepada truk yang akan menyeberang jika terlihat melanggar batas dimensi dan muatan," kata Hendro.

Dia pun mengimbau bagi yang akan melakukan perjalanan khususnya melalui jalur penyeberangan, agar tetap berhati-hati dan memantau perkembangan cuaca yang berlaku setiap harinya agar dapat mengantisipasi potensi cuaca buruk.

"Diminta juga agar pengusaha maupun operator truk, untuk tetap mengawasi batas muatan dan dimensi yang diperbolehkan saat akan melakukan perjalanan agar tetap memenuhi unsur keselamatan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan cuaca buruk menerjang Selat Sunda, akibatnya Pelabuhan Merak dan Bakauheni ditutup sejak Rabu malam, 28 Desember 2022, sekitar pukul 22.30 wib.

Penyebrangan antara Pelabuhan Bakauheni dengan Merak kembali dibuka pada Kamis dini hari, 29 Desember 2022, sekitar pukul 04.00 wib atau setelah hampir enak jam ditutup.

Akibat penutupan kedua pelabuhan tersebut, antrian kendaraan untuk masuk ke Pelabuhan Merak mengular hingga jalan arteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya