Duka Kepergian Pele, Erick Thohir: Sepak Bola Punya Kekuatan Menyatukan

Legenda Timnas Brasil, Pele.
Sumber :
  • ANTARA/HO-FIFA Media Office/Alexandre Schneider/aa

VIVA Nasional – Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya legenda sepak bola dunia asal Brasil Edson Arantes do Nascimento atau dikenal Pele

Aksi Nyata Relawan Bakti BUMN Batch V dalam Peringatan Harkitnas 2024

Ucapan belasungkawa Erick Thohir disampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @erickthohir. Dia mengatakan sepak bola telah kehilangan satu ikon yang sangat membanggakan dunia. 

Erick Thohir Ungkap Alasan Pilih Peruri Jadi GovTech Indonesia

Selain menjadi ikon, dia menilai, Pele sudah menjadi bagian terpenting dalam kemajuan dunia persepakbolaan. Berkat Pele kini sepak bola menjadi salah satu olah raga yang sangat digandrungi masyarakat dunia.

"Sepak bola telah kehilangan ikon. Seorang legenda yang menginspirasi dan membesarkan sepak bola," tulis Erick Thohir dalam unggahannya pada Jumat, 30 Desember 2022.

Tumbuh Double Digit, BTN Syariah Cetak Laba Bersih Rp 164,1 Miliar di Kuartal I-2024

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Dia juga menyebutkan bahwa kehadiran Pele di olah raga sepak bola membawa semangat positif di dunia Internasional. Terutama dalam upaya membawa perdamaian antar negara-negara dunia. 

Karena dia melihat, Pele sebagai sosok yang tidak hanya lihai mengolah bola di lapangan hijau. Namun lebih dari itu Pele, menurutnya, telah berhasil membangun sinergi kekuatan dalam menghadirkan persatuan melalui sepak bola. 

"Ia juga sudah membuktikan, sepak bola punya kekuatan besar untuk menyatukan. Selamat jalan Pele," kata Erick Thohir menambahkan. 

Perlu diketahui, Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan dunia olah raga, khususnya sepak bola. Ia pernah menjabat sebagai presiden klub besar di Italia, yakni Internazionale Milan pada periode 2013-2016. 

Tercatat, bos Mahaka Group itu pernah juga menjadi orang Asia pertama yang memiliki tim bola basket NBA Philadelphia 76ers. Saat ini merupakan salah satu owner klub divisi bawah Liga Inggris, Oxford United.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya