Ada 40 Pendaki saat Gunung Marapi Erupsi, BKSDA: Semoga Tidak Sedang Dekat Kawah

Ilustrasi pendaki.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA Nasional – Gunung Marapi yang terletak di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami erupsi pada Sabtu, 7 Januari 2023 pukul 06.11 WIB. Ketinggian kolom abu mencapai 300 meter. 

Status Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Jadi Siaga Level III

Gunung Marapi merupakan salah satu Gunung api aktif yang ada di Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl. Gunung tersebut masuk dalam kategori Tawan Wisata Alam yang ada di bawah kewenangan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat.

Menurut Kepala BKSDA, Ardi Andono, saat ini tercatat  ada 40 orang pendaki yang sedang berada di puncak Gunung Marapi. Para pendaki itu terpantau naik menuju puncak gunung pada Kamis dan Jumat kemarin.

Aktivitas Bandara Sam Ratulangi Kini Kembali Normal usai Erupsi Gunung Ruang

“Ada 40 pendaki yang kini berada di Gunung Marapi. 20 orang naik pada hari Kamis dan 20 orang pada hari Jumat,” katanya, Sabtu, 7 Januari 2023.

Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)/-HO-PVMBG Badan Geologi.
Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Ardi menyebut, sampai saat ini kondisi pasti dari seluruh pendaki belum diketahui karena masih menunggu laporan dari petugas di lapangan. Ia berharap, para pendaki sedang tidak mendekati kawah, karena sumber letusan ada di sana.

“Letusan ini hanya di puncak atau kawah. Para pendaki rata-rata ngecamp di tebing batu bawah. Dan kita juga sudah imbau jangan ke kawah,” tutup Ardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya