Polda Sumut Bentuk Tim Khusus Usut Penembakan terhadap Mantan Anggota DPRD Langkat

Prosesi pemakaman Paino, mantan anggota DPRD Langkat, Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA.co.id/ B.S. Putra (Medan)

VIVA Nasional – Polda Sumatera Utara dan Polres Langkat membentuk tim khusus (timsus) untuk menangkap pelaku penembakan terhadap mantan anggota DPRD Langkat, Paino (47). 

3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu Diduga Selundupkan Sabu-sabu 19 Kg

Tim khusus yang menangani kasus pembunuhan terhadap mantan anggota DPRD Langkat dari Partai Golkar itu terdiri dari Subdit Jahtanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Satuan Reserse Kriminal Polres Langkat dan Inafis.

"Kita sudah membentuk tim khusus dan sudah bekerja sama dengan Polda Sumut. Baik itu Direktorat Reskrimum, Laboratorium Forensik (Labfor) dan Inafis," kata Kapolres Langkat, Ajun Komisaris Besar Polisi Faisal Rahmat Husein Simatupang di rumah duka, Jumat, 27 Januari 2023.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Faisal mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), memeriksa saksi-saksi dan melakukan autopsi jenazah. Diketahui korban tertembak di bagian dada kanan oleh orang tidak dikenal (OTK). "Hasil autopsinya, kita masih menunggu," tutur perwira melati dua itu. 

Ilustrasi penembakan.

Photo :
  • Pixabay/stevepb
11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

Disinggung soal bekas luka tembakan pada dada sebelah kanan Paino yang dilakukan oleh OTK, Faisal enggan mengomentarinya karena hal itu sudah masuk materi penyidikan. Dia meminta wartawan untuk menunggu hasilnya.

"Yang diduga tembakan itu, kita masih menunggu hasil autopsinya. Soal motif dan pelaku masih dilakukan penyelidikan," kata Faisal.

Pantauan di rumah duka, isak tangis pecah dari keluarga korban dan masyarakat sekitar begitu jenazah korban tiba di sana. Silih berganti masyarakat datang ke rumah duka. 

Masyarakat hingga anak korban mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya. 
Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu juga hadir di pemakaman tersebut. 

Ilustrasi penembakan

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu

Jenazah Paino dikebumikan di TPU tak jauh dari rumah, di Dusun VII Bukit Dinding, Desa Besilam Bukit Lembasa, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Diberitakan sebelumnya, seorang mantan anggota DPRD Langkat, bernama Paino dilaporkan tewas, usai ditembak mati oleh orang tidak dikenal (OTK) di Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu, Kamis malam, 26 Januari 2023, sekitar pukul 23.18 WIB.

Mantan anggota DPRD Langkat periode 2014-2019 itu, tewas tertembak di bagian dada kanannya. Saat kejadian itu, korban sedang mengendarai sepeda motor KLX dan hendak pulang ke rumahnya, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Korban yang merupakan politikus Partai Golkar ini pulang ke rumah usai duduk bersama teman-temannya di sebuah warung. Pukul 23.00 WIB, korban dan kawan-kawannya membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. 

Di dalam perjalanan, korban ternyata diikuti OTK tersebut menggunakan sepeda motor. Tepat, di lokasi kejadian langsung menembak, sebuah selongsong bersarang di dadanya.

Teman korban memastikan asal suara letusan yang diduga dari senjata tersebut. Begitu tiba di lokasi kejadian terlihat Paino sudah roboh di tengah jalan.

Korban kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Bidadari, Jalan Lintas Sumatera pada pukul 23.54 WIB. Namun, pihak rumah sakit menyatakan nyawa korban tidak terselamatkan dan meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya