Meriah, Saat Jokowi Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023

Presiden Jokowi dan Menlu di Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo, meresmikan Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Acara digelar di Bundaran Hotel Indonesia, pada Minggu pagi, 29 Januari 2023, dan berlangsung cukup meriah.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Acara peresmian ini ditandai dengan alat musik rebana biang, yang dipukul oleh Presiden Jokowi. Ribuan masyarakat menyaksikan kick off tersebut.

Pada acara tersebut, Presiden menyampaikan optimisme ASEAN yang akan tetap relevan, menciptakan Indo Pasifik yang damai dan stabil, serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Kita telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik, dan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah kondisi global yang tidak mudah, krisis energi, pangan, ada perang semuanya sedang terjadi. Tetapi saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi untuk dunia," jelas Presiden Jokowi.

“Dengan mengucap Bismilahirahmanirrahim pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off keketuaan ASEAN 2023 dimulai,” kata Presiden Jokowi menandakan dimulainya keketuaan ASEAN.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Acara ini merupakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri RI. Diselenggarakan Bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day, CFD. 

Suasana terlihat berbeda dan lebih semarak dari biasanya, dengan adanya Parade Nusantara. Semakin ramai dengan aktivitas masyarakat yang memanfaatkan moment CFD untuk berolahraga. 

Presiden Jokowi Bersepeda saat Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Usai bersepeda santai dengan didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 dari Istana Merdeka, di depan Sarinah Presiden Joko Widodo bergabung dengan barisan parade dan berjalan kaki bersama-sama menuju Bundaran HI.

Parade tersebut melibatkan lebih dari 500 orang dari berbagai perwakilan, yakni kelompok sanggar Mawar Budaya, Rumah Musik Jakarta, Paskibra DKI Jakarta, pelajar sejumlah SMA Jakarta, kelompok musik Altajuru, Pemadam Kebakaran dan SSY. Turut serta dalam barisan Parade, adalah para Duta Besar negara sahabat dan perwakilan organisasi internasional.

Presiden Jokowi dan Menlu di Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Sebagai informasi, serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu.

Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.

Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, banyak pihak menyandarkan harapan pada Indonesia untuk dapat melalukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan.

Melalui tema Keketuaan ASEAN yaitu: “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth", Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat ASEAN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya