Fakta-fakta Sopir Fortuner Giorgio Ramadhan Masuk Daftar Musuh Ukraina

Sopir Fortuner Giorgio Ramadhan tersangka perusakan mobil Brio di Senopati
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Metro – Pengemudi mobil Toyota Fortuner bernama Giorgio Ramadhan (GR) bikin heboh setelah videonya viral menghancurkan mobil Honda Brio milik pengemudi taksi online berinisial A (39) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Pria 24 tahun itu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Jakarta Selatan dan ditahan akibat perbuatannya.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kehebohan sosok Giorgio tak sebatas ulahnya yang arogan merusak mobil Honda Brio dengan senjata tajam pedang di Senopati, Giorgio juga disebut masuk daftar musuh Ukraina. Kok bisa?

Berikut fakta-fakta Giorgio Ramadhan yang disebut musuh Ukraina

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

1. Masuk Daftar Hitam Ukraina

Nama Giorgio masuk dalam daftar hitam di laman Myrovorets. Dimana organisasi ini biasa memuat daftar orang yang dianggap sebagai musuh Ukraina. Hal itu lah yang kemudian membuatnya kembali viral karena masuk dalam musuh Ukraina.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Terkiat hal ini, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi masih mendalami informasi tersebut. Informasi ini beredar di media sosial pasca aksinya yang menghancurkan Brio viral di media sosial.

"Sejauh ini belum mendapatkan informasi itu dan kami akan cek," ucap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa 14 Februari 2023.

Menurut Kombes Ade Ary sampai sekarang pihaknya cuma menerima latar belakang yang bersangkutan merupakan jebolan perguruan tinggi yang kini tengah magang.

"Sampai dengan saat ini data yang kami punya adalah GR usia 24 tahun, kerjaan sedang magang, baru lulus S1," katanya.

Mobil fortuner yang menabrak Brio

Photo :
  • Istimewa

2. Keluarga Kaget

Kuasa hukum pengemudi mobil Toyota Fortuner bernama Giorgio Ramadhan alias (GR), mengatakan keluarga kliennya kaget karena Giorgino disebut masuk daftar musuh Ukraina. Tim kuasa hukum Giorgio, Arif Fadillah mengaku pihak keluarga masih mencari informasi itu.

"Mereka (keluarga Giorgio) juga mencari info. Keluarga kaget juga ada info-info ini," ucapnya kepada wartawan, Selasa 14 Februari 2023.

Dia menjelaskan, Giorgio memang pernah mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri. Tapi, dirinya tidak mengungkap negara mana yang jadi lokasi Giorgio mengemban pendidikan. Kata dia, pihaknya pun tengah mencari tahu perihal informasi ini.

"Masih kita dalami ya untuk proses itunya sejauh mana si Giorgio, khususnya Giorgio untuk terlibat dalam hal itu (musuh Ukraina). Tapi kita masih konfirmasi lah, untuk informasi lebih dalam," ucap dia.

Diketahui, tim kuasa hukum, Giorgio Ramadhan berstatus sebagai anak magang di salah satu kantor pengacara. Giorgio lulus dari bangku kuliah pada tahun 2021. Dia disebut jebolan Universitas Indonesia.

3. Terobos Wilayah Konflik Ukraina Secara Ilegal

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengkonfirmasi bahwa Giorgio Ramadhan telah secara ilegal memasuki wilayah Ukraina, tepatnya di Donbas, sebuah wilayah yang diduduki oleh Rusia.

"Berdasarkan peraturan Ukraina, adalah hal ilegal untuk mengunjungi teritori Ukraina yang diduduki. Dia pernah pergi ke sana," kata Vasyl saat dikonfirmasi oleh VIVA pada Selasa, 14 Februari 2023.

Sebagai informasi, Giorgio diduga sebagai simpatisan Rusia, negara yang menduduki sebagian besar wilayah Ukraina. 

Giorgio juga berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian setelah secara brutal mengamuk di Jl. Senopati, Jakarta Selatan, pada Minggu, 12 Februari 2023.

"Sekedar informasi, Myrotvorets bukan situs resmi pemerintah Rusia," katanya. 

Dalam situs tersebut dikatakan bahwa situs itu menuding Giorgio secara sengaja melanggar perbatasan negara Ukraina dengan tujuan menembus teritorial Ukraina yang diduduki oleh Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya