Hari Ini Jokowi Lantik Dito Ariotedjo jadi Menpora dan Komjen Rycko Amelza jadi Kepala BNPT

Istana Negara saat persiapan pelantikan menteri dan wakil menteri baru
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo, dikabarkan akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru, pada Senin, 3 April 2023.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kader muda Partai Golkar yakni Dito Ariotedjo, ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Komjen Rycko Amelza Dahniel, ditugaskan sebagai Kepala BNPT.

"Iya benar (pelantikan Menpora dan Kepala BNPT hari Senin)," kata sumber dikutip pada Senin, 3 April 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Namun, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyebut sementara ini agenda Presiden Jokowi masih bersifat intern pada Senin, 3 April 2023.

"Sampai siang masih intern agenda Presiden," kata Bey saat dikonfirmasi pada Senin.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan melantik 2 pejabat baru, yakni kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada pekan depan. 

"Minggu depan," kata Presiden Jokowi di Kabupaten Bogor pada Jumat, 31 Maret 2023.

Pelantikan Kepala BNPT baru itu untuk menggantikan Komjen Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Jokowi pun masih enggan mengungkapkan siapa sosok yang telah dia pilih untuk menggantikan Boy Rafli Amar. 

"Nanti," tambahnya.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol. Suhardi Alius. Boy Rafli merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988.

Sebelum menjadi Kepala BNPT, dia pernah menjabat beberapa posisi penting, seperti wakil kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, kepala Divisi Humas Polri, kepala Polda Banten, hingga kepala Polda Papua.

Boy Rafli Amar pun telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Sementara itu, ketika ditanya lebih lanjut apakah pelantikan Kepala BNPT baru berbarengan dengan pelantikan menpora pengganti Zainudin Amali, Jokowi juga menjawab singkat. 

"Minggu depan," ujarnya.

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menpora pada awal Maret 2023 karena dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Tugas dan tanggung jawab Menpora kemudian diemban oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya