Jelang Arus Mudik, Sopir Truk di Bandung Diingatkan Selalu Cek Kendaraan

Sosialisasi keamanan untuk sopir truk di Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Komunitas Sopir Truk (KST) pendukung Ganjar Pranowo Jawa Barat (Jabar) konsisten menebar kebaikan demi menggapai berkahnya Ramadan.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Teranyar, KST Jabar menemui para sopir truk dalam rangka merajut silaturahmi dan menyerahkan bantuan di Pool Truk Kebon Kembang, Desa Marga Mulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 3 April 2023.

Para pendukung Ganjar turut mengimbau pengemudi truk selalu mengecek kondisi kendaraan, agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan ketika berkendara, baik di bulan Ramadan maupun menjelang Idulfitri.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Ini adalah sebuah bulan yang penuh barokah yang harus kami kejar dan juga jaga kesehatan, serta jaga kondisivitas mobil truk itu sendiri," kata Koordinator Wilayah KST Jabar, Willy Shadli.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

"Dengan cara mengecek mesinnya, perlengkapan-perlengkapannya sampai kebutuhan-kebutuyan yang akan dibawa jalan agar tidak membahayakan ketika ada kecelakaan ataupun bahkan bisa mencelakakan orang lain," imbuh Willy.

Menurut dia, potensi kecelakaan lalu lintas di momen-momen krusial itu bisa ditekan dengan meningkatkan kesadaran berkendara, serta memastikan kondisi kendaraan laik jalan.

Oleh karena itu, sebagai aksi nyata KST Jabar juga menyerahkan bantuan berupa alat las listrik untuk memperbaiki truk apabila terjadi kerusakan, serta mesin cuci steam sebagai perawatan truk agar bersih sehingga tidak cepat rusak karena berkarat akibat kotor.

Di sisi lain, hal ini adalah bentuk kepedulian KST Jabar meringankan beban sekaligus merealisasikan aspirasi para sopir truk di wilayah Pangalengan.

"Jadi memang pada dasarnya truk ini banyak yang rusak. Ntah engselnya, engsel pintunya, truknya itu sendiri yang belakang ataupun di samping. Itulah akhirnya sebuah stimulus kita untuk membantu teman-teman sejawat kita agar selamat berkendaranya di jalan," kata Willy.

Evi (43) sopir truk asal Desa Marga Mulya merasa lega, stimulus las listrik ala pendukung Ganjar itu dapat menekan biaya perbaikan kerusakan pada kendaraan.

Di sisi lain, alat cuci steam juga bisa menyapu kotoran-kotoran yang menempel di truk agar membuat kendaraan itu kinclong kembali. 

"Pertama ya bersyukur alhamdulillah itu sangat bermanfaat sekali bagi supir truk sangatlah membantu terima kasih. Tentunya bisa mengantisipasi kecelakaan sedikit membantu buat cuci cuci mobil gitu," kata Evi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya