Tol Solo-Jogja Jadi Jalur Fungsional Arus Mudik, Ini Pesan Ganjar untuk Pemudik

Ganjar Pranowo meninjau tol Solo-Yogyakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan jalur tol fungsional seksi 1.1 Solo-Klaten di ruas Solo-Yogyakarta untuk mengurai potensi kemacetan pada masa mudik lebaran tahun 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Jadi di ruas Solo-Yogyakarta ini alhamdulillah enam kilo sudah beres. Jadi yang enam kilo beres ini akan difungsionalkan,” kata Ganjar di lokasi, dikutip Minggu, 9 Aoril 2023.

Adapun, jalur tol fungsional 1.1 Solo-Klaten yang akan difungsionalkan sepanjang 6 km. Alternatif jalur lebaran digunakan 1 arah dengan menggunakan 1 jalur 2 lajur, lalu rencana kendaraan yang melintas dikhususkan untuk Kendaraan Golongan I.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Ganjar mengatakan, nantinya jalur tol fungsional ini akan dibuka pada pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB. Jalur ini bisa dimanfaatkan sebagai jalan alternatif untuk menghindari potensi kemacetan.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

“Memang kawan-kawan kemarin mengerjakan dengan sangat luar biasa ngebut. Beberapa kali kita ngecek ya, saya sudah lihat, menteri-menteri sudah lihat, kita sudah ngecek tiga kali untuk memastikan,” kata Ganjar.

Meskipun masih sementara, jalur tol fungsional Solo-Klaten tetap akan dilengkapi berbagai fasilitas keamanan untuk pemudik. Salah satunya tolo-tolo yang akan menyala di kondisi gelap sebagai penanda jalan.

“Nanti akan ada tolo-tolo itu akan di buat rambu sementara, mungkin beberapa akan dipasang. Tolong perhatikan itu dengan baik agar berjalannya bisa lancar,” kata Ganjar.

Ganjar berpesan kepada para pemudik yang akan melintasi jalur ini agar berhati-hati saat berkendara. Jika mengantuk, Ganjar menyarankan pemudik untuk rehat sejenak sampai kondisi tubuh dirasa segar kembali.

“Memang jalurnya masih sementara. Maka kepada para pemudik nanti yang melewati jalur-jalur yang belum beres, yang sifatnya masih fungsional, kalau ngantuk istirahat. jangan dipaksakan karena rambu-rambunya juga sementara,” katanya.

Ruas Tol Solo-Yogyakarta

Photo :
  • Istimewa

Ganjar juga meminta bantuan kepada warga desa-desa yang dilalui exit tol Solo-Yogyakarta untuk mengatur lalu lintasnya. Sebab menurut Ganjar, akan banyak kendaraan pemudik yang bersileweran di wilayah desa.

“Bantu menyosialisasikan sehingga jalurnya lancar. Siapa tahu justru warga desa itu yang akan mudik. Sehingga jalurnya akan lebih cepat. Kita akan cek nanti kondisi jalannya. Laporannya sih tadi sejak di wilayah Boyolali tadi bagus ya. Kita akan cek nanti seperti apa kondisinya,” kata dia.

Ganjar optimis jalur tol fungsional ini bisa mengurai potensi kemacetan secara signifikan. Kendati demikian, Ganjar meminta para pemudik tidak perlu berkendara kencang saat melewati jalur sementara ini.

“Tidak usah ngebut, tapi insya Allah potensi-potensi kemacetan akan diurai dengan menggunakan jalan-jalan yang secara fungsional ini kita buka,” pungkas Ganjar.

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya