Pasar Tanah Abang Banjir, Diduga Pipa Air Bocor

Tanah Abang banjir
Sumber :
  • Instagram @jakarta.terkini

VIVA Nasional – Pusat grosir Metro Tanah Abang dikabarkan banjir hari ini, Selasa, 11 April 2023. Banjir tersebut diduga adanya pipa air bocor. Diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi di lantai satu. Informasi tersebut dibagikan netizen yang di unggah oleh akun Instagram @jakarta.terkini.

WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana: Penanda Air Bukan Isu Ecek-ecek tapi Sangat Krusial

Genangan air di pusat grosir Metro Tanah Abang Lt. 1 diduga akibat adanya pipa air yang bocor pagi ini, Selasa, 11/4/2023,” keterangan dalam unggahan video tersebut.

Dari unggahan video tersebut terlihat, air mengucur deras dari atap. Suasana pun makin riuh akibat kejadian tersebut. Salah seorang pengunjung juga terlihat sampai terpeleset.

Hujan Lebat dan Banjir di Afghanistan, 400 Orang Tewas

Tanah Abang banjir

Photo :
  • Instagram @jakarta.terkini

Video tersebut juga terlihat aliran listrik masih menyala. Lampu-lampu sekitar juga terlihat masih menyala. Warganet pun mengingatkan pengunjung dan pedagang untuk selalu berhati-hati karena situasi banjir namun aliran listrik masih menyala.

Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10

Tindakan yang harus dilakukan saat banjir

Ilustrasi Banjir.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

Dikutip dari laman Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, berikut 3 tindakan yang harus dilakukan saat banjir terjadi:

1. Beranjak ke tempat tinggi

Langkah pertama ini adalah langkah yang paling sederhana untuk menghindar banjir yang terjadi di dalam rumah maupun di tempat–tempat lainnya. Dengan menuju ke lokasi yang lebih tinggi, maka air banjir yang kotor dan membawa banyak kuman tidak akan bersarang di kaki atau anggota tubuh lain dari seseorang.

2. Waspada dengan saluran air  

Dalam menuju tempat yang lebih tinggi, ketika banjir khususnya yang berada di luar rumah, diharapkan untuk bisa juga mewaspadai adanya kubangan atau saluran air yang ada di jalan yang tertutup banjir. Selain untuk menjaga diri agar tidak terjatuh dan tenggelam di dalam kubangan, hal ini juga penting diperhatikan karena adanya arus bawah dari saluran air yang terkadang cukup deras.

3. Matikan jaringan listrik 

Yang terakhir, sebelum melakukan evakuasi dan menyelamatkan barang berharga, pastikan semua aliran listrik sudah dimatikan dan jangan menyentuh apapun yang memiliki muatan listrik selama berada berdiri di genangan banjir. 

Hal tersebut akan sangat berbahaya jika barang yang disentuh tersentuh air, selain bisa menyebabkan konslet pada barang tersebut, kemungkinan kamu untuk tersetrum aliran listrik juga tinggi.

Dengan mengetahui langkah–langkah yang harus dilakukan selama banjir, diharapkan masyarakat tidak lagi panik dan mampu melakukan hal–hal penting apa saja yang harus dilakukan, terutama terhindar dari sengatan listrik dan penyakit kulit dan diare akibat air kotor yang dibawa oleh banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya