22 Bacalon DPD RI Dapil Sumut Dinyatakan Memenuhi Syarat

Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Nasional - Sebanyak 22 bakal calon (Bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Sumut, dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan akan bertarung di Pemilu tahun 2024, nanti.

AKBP Roy: Ledakan Hebat di Perumahan Elit Medan Murni Gas, Bukan Bom

Penetapan 22 Bacalon DPD Sumut ini, berdasarkan hasil melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil akhir dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, di Hotel JW Marriot Medan, Selasa (11/5) kemarin. Namun, Bacalon dinyatakan MS, tapi mengundurkan diri. Dia adalah Abdillah, mantan Wali Kota Medan.

Hal itu, disampaikan oleh Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung, Rabu 12 April 2023. Ia menjelaskan dalam pelaksanaan verifikasi faktual tahap dua,17 bacalon dinyatakan memenuhi syarat. Namun, satu Bacalon mengundurkan diri. Dengan itu, penetapan rekapitulasi akhir menjadi 22 orang. 

Ketua DPD RI Dorong Strategi Ekonomi Pengembangan Wilayah Indonesia-Malaysia

Seluruh komisioner berfoto bersama, usai rapat pleno pemilihan Ketua KPU Sumut.

Photo :
  • Putra Nasution

"Karena ada lima sebelumnya sudah memenuhi syarat pada rekap awal. Sehingga dari hasil rekap akhir, ada 22 bacalon DPD RI yang dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran," jelas Batara.

Ketua DPD RI Dukung Saran Luhut ke Prabowo soal Beli Kapal Riset Canggih

Setelah itu, Batara mengungkapkan pihak KPU Sumut akan membuat laporan rekapitulasi dan penetapan hasil akhir 22 bacalon DPD ini, ke KPU RI. Kemudian, akan dilakukan penetapan sebagai peserta Pemilu tahun 2024.

"Nanti KPU RI akan menetapkan, hasil rekapitulasi dan hasil itulah yang kemudian digunakan untuk pencalonan," tutur Batara.

Batara mengatakan dari penetapan tersebut, akan diumumkan kepada publik, atas proses pencalonan 22 Bacalon DPD Sumut ini.

"Nanti itu diumumkan ke publik dan disampaikan pada bacalon untuk dapat digunakan proses pencalonannya pada 1 Mei 2023," sebut Batara.

Berikut Daftar Nama-nama Calon DPD RI Memenuhi Syarat 

1. Abdon Nababan 
2. Albiner Sitompul 
3. Andi Junianto Barus 
4. Bahrul Ulum Harahap 
5. Darwis H. Harahap 
6. Emsah Perangin-angin 
7. Ikhwaluddin Simatupang 
8. Iskandar Sembiring 
9. Joko Susilo  
10. M. Firman Syah 
11. Parlindungan Purba 
12. Parulian Siregar 
13. Penrad Siagian 
14. Rafdinal 
15. Rosdiana 
16. Samulya Surya Indra 
17. Sukadi
 18. Muhammad Nuh
19. Faisal Amri
20. Dedi Iskandar batubara.
21. Badikenita Br. Sitepu.
22. Sabam parsaoran Parulian Manalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya