H-8 Lebaran, Terminal Mengwi Bali Alami Peningkatan Jumlah Penumpang

Plt Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Mengwi I Made Ardan
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Nasional – Pada H-8 atau hari pertama mudik lebaran 2023 suasana di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bali mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang. Mayoritas pemudik akan meninggalkan Bali untuk tujuan ke Pulau Jawa

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Plt Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Mengwi I Made Ardana mengatakan, selama masa arus mudik lebaran, angkutan reguler yang disediakan sebanyak 245 armada bus. Namun, jika terjadi lonjakan maka sudah disiapkan angkutan cadangan sebanyak 135 armada dari 12 perusahaan otobus dan angkutan pariwisata.

"Hari ini, bus berangkat ada 31 armada. Angka jumlah penumpang pada Jumat, 24 April 2023 juga menunjukkan peningkatan, penumpang berangkat 763 orang dan kedatangan 318 orang," kata Made Ardana, Sabtu, 15 April 2023.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Penumpang arus mudik pada H-8 lebaran 2023 di terminal Mengwi Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Menurutnya, puncak arus mudik lebaran 2023 di Terminal Mengwi diperkirakan terjadi pada H-3 atau 19 April 2023 bertepatan dengan cuti bersama nasional. Pada puncak mudik diperkirakan akan ada 1.500 penumpang yang melakukan mobilisasi menuju pulau Jawa.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"Untuk para pemudik kami imbau pakai lah angkutan umum yang resmi dan berijin untuk keselamatan dan kenyamanan bersama," ujar Ardana.

Untuk memaksimalkan pelayanan, Terminal Tipe A Mengwi memberlakukan sejumlah persyaratan laik jalan untuk setiap armada pengangkut. Armada bus harus melewati prosedur ram check sebelum digunakan untuk mengangkut penumpang.

Penumpang arus mudik pada H-8 lebaran 2023 di terminal Mengwi Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Ardana menjelaskan, kelengkapan kendaraan seperti kondisi rem, lampu hingga pemenuhan kebutuhan administrasi menjadi syarat utama untuk armada mudik. "Kami juga membuka posko terpadu, termasuk melibatkan BNN yang akan melakukan tes urin kepada sopir untuk memastikan negatif narkoba," jelasnya.

Angkutan mudik di Terminal Mengwi sendiri memberangkatkan penumpang setiap hari mulai pukul 12.00 WITA hingga pukul 21.00 WITA."Yang terakhir pukul sembilan malam," kata Made Ardana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya