Meningkat, Ada 130 Ribu Penumpang Padati Bandara Soekarno Hatta di H-6 Lebaran

Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Memasuki H-6 jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran terus mengalami peningkatan.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Seperti di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Berdasarkan data yang diterima hari ini, Minggu 16 April 2023, sebanyak 130.320 yang akan memadati bandar udara tersibuk itu.

Di mana, angka itu pun terus mengalami peningkatan sejak Jumat, 14 April 2023 dengan total pergerakan penumpang sebanyak 117.202 orang, dan Sabtu, 15 April 2023 dengan 127.576 orang.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hartta, M Holik, merinci bahwa kedatangan sebanyak 61.657 dan keberangkatan sebanyak 68.663 orang.

"Hari ini pergerakan penumpang kembali mengalami peningkatan, dengan 130 ribuan. Yang mana, didominasi oleh penumpang yang hendak berangkat pulang kampung dengan 68.663 penumpang," katanya, Minggu, 15 April 2023.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Bukan hanya pergerakan penumpang, namun peningkatan juga terjadi pada pergerakan pesawat dengan total 957. Dimana ada 476 keberangkatan, dan 481 kedatangan.

"Pergerakan penumpang dan pesawat ini, didominasi dengan penerbangan tujuan domestik, seperti Padang, hingga Bali. Di mana, momentum mudik Lebaran 2023 ini, tidak hanya dimanfaatkan untuk pulang kampung, tapi juga berlibur," ujarnya.

Dalam kondisi ini, pihaknya mengantisipasi beberapa hal untuk mengurai bila terjadinya antrean atau penumpukan di sisi area dalam terminal, seperti self check-in. Dan sisi luar area terminal, yakni runway.

"Kita ada beberapa antisipasi, terutama untuk mengurai antrean, terlebih dalam kondisi seperti ini. Untuk sisi darat bandara seperti runway, kami pun mengoperasikan runway 3 untuk landing pesawat. Di mana, hal mencegah terjadi keterlambatan penerbangan akibat antrean pesawat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya