Kapolri ke Pemudik: Jangan Buru-buru, Kalau Lelah Istirahat

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA NasionalKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyarankan masyarakat yang melakukan arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 menggunakan kendaraan pribadi, agar hati-hati dan jangan memaksakan menyetir jika sudah merasa lelah. Sebaiknya, kata dia, warga menepi untuk istirahat di rest area yang telah disiapkan.

Kemenkeu Pastikan Gaji ke-13 ASN Cair 3 Juni 2024, Segini Besarannya

"Untuk masyarakat yang mudik agar melaksanakan mudik dengan hati-hati, jangan terburu-buru. Kalau capek, silahkan istirahat di rest area yang sudah disiapkan," kata Sigit di Jakarta pada Senin, 17 April 2023.

Pelaku Pembegalan terhadap Casis Bintara Polri Ternyata Residivis, Ada yang 5 Kali Dipenjara

Kemudian, Sigit juga meminta kepada masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi agar mematuhi aturan dan skema lalu lintas yang telah disiapkan. Tentunya, kata dia, ikuti arahan dan petunjuk petugas di lapangan supaya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

“Patuhi ketentuan yang sudah diatur oleh petugas, sehingga semua bisa terlayani dengan baik. Kami mengharapkan potensi resiko kemacetan atau kecelakaan yang terjadi bisa kita eliminir sekecil mungkin,” ujarnya.

Sopir Sempat Tertidur Sebelum Kecelakaan Bus Study Tour Pelajar Malang di Tol Jomo

Sementara, Sigit mengatakan masyarakat yang mudik melalui Pelabuhan Merak untuk berangkat pada siang hari. Tentu, Polri bersama TNI dan stakeholder lainnya siap memberikan pengamanan dan pengawalan bagi masyarakat yang mudik.

"Karena memang TNI, Polri siap memberikan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melintas. Yang takut adanya potensi tindak pidana, ini untuk mengurangi beban penyeberangan yang tentunya akan meningkat luar biasa," ujarnya.

Diketahui, Operasi Ketupat 2023 ini melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, serta kementerian/lembaga terkait. Nah, mereka akan ditugasi mengisi 2.787 pos dengan rincian 1.857 pos pengamanan 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya