Kapolri Prediksi Ada Lonjakan Pemudik Malam Hari Ini

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi bahwa lonjakan pemudik lebaran 2023 mulai hari ini akan diperkirakan melonjak saat memasuki waktu malam hari. Pasalnya, sejak Selasa 18 April 2023 pagi ini sudah ada kurang lebih meningkat 30 persen.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Listyo menegaskan bahwa lonjakan itu terjadi bagi para pemudik yang hendak menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Yogyakarta.

"Jadi kalau kita pantau dalam beberapa hari terakhir memang mulai ada eskalasi peningkatan. Hari ini kurang lebih meningkat 30 persen, per tadi pagi, untuk yang ke arah timur," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit kepada wartawan pada Selasa 18 April 2023.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Kemudian, untuk pemudik yang hendak menuju kearah barat tepatnya menuju Pelabuhan Merak dan Ciwandan untuk ke wilayah Sumatera juga terjadi peningkatan. Pemudik meningkat sekitar 20 persen.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Lebih lanjut, Listyo menjelaskan bahwa lonjakan pemudik diprediksi akan terjadi pada malam hari lantaran hari ini merupakan hari terakhir sebelum adanya penetapan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ia juga menuturkan bahwa lonjakan pemudik itu akan tetap terjadi hingga Rabu dan Kamis besok.

"Diperkirakan karena memang hari ini terakhir orang masuk kerja, ada kemungkinan nanti malam eskalasinya akan terlihat ada lonjakan," beber dia.

Listyo juga mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas akan mulai diberlakukan pada Selasa siang ini. Ia menjelaskan bahwa upaya rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow hingga sistem one way dipastikan tidak akan mengganggu jalur arteri yang dilalui pemudik.

"Ini tentunya setiap hari akan kita evaluasi agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Baik yang ada di jalur tol, yang akan masuk ke tol, yang akan keluar atau yang akan masuk ke arteri," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Divisi Humas Polri Irjen Firman Shantyabudi itu yang mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas skema ganjil genap akan dilakukan secara situasional pada mudik lebaran 2023 ini.

Skema lalu lintas yang dibuat oleh pemerintah pada mudik Lebaran 2023 ini tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun 2023/1444 Hijriah.

"Kita dalam SKB bersama ganjil genap ini saya katakan sebagai salah satu opsi untuk mengurangi kepadatan. Imbauan saya tadi. Sangat situasional," ujar Firman kepada wartawan, Selasa 18 April 2023.

Selanjutnya, Firman berucap bahwa upaya rekayasa lalu lintas yang diberlakukan saat momentum hingga cuti Lebaran 2023 ini, dilakukan bukan dalam rangka penegakan hukum. Kendati upaya rekayasa ini diberlakukan terkait dengan operasi pengaturan pelayanan yang mengutamakan tindakan preventif dan pencegahan.

Tetapi Firman menegaskan bahwa pemudik sejatinya tetap menggunakan kendaraan roda empat menggunakan tanggal genap saat berangkat di hari yang genap, begitupun sebaliknya.

"Jadi untuk mencegah macet, yang punya mobil genap ya berangkat genap aja deh, nanti siapa tahu Pak Eddy (Kabagops Korlantas Polri) tiba-tiba laporan ke saya pak sudah padat, oke ganjil genap hari ini apa genap. Nah sebaliknya juga begitu yang ganjil," kata dia.

"Penting mengatur kapan anda berangkat sesuai dengan pelat nomor anda, moga-moga tidak sampai ganjil genap, artinya semuanya bisa berjalan dengan baik itu tidak akan ganjil genap kita terapkan, pilihan terkahir," lanjutnya.

Pada hari ini, tepatnya pada Selasa 18 April 2023 pemerintah mulai menerapkan tiga skema lalu lintas mudik lebaran.

Adapun yang Pertama, skema Ganjil-Genap, diberlakukan dari KM 47 (Karawang Barat) sampai KM 414 (GT Kalikangkung), dengan jadwal sebagai berikut:

*Arus mudik*

18 April 2023: 14.00-24.00 WIB.

19-21 April 2023: 08.00-24.00 WIB.

Kedua, skema contra-flow, diberlakukan mulai dari KM 47 (Karawang Barat) sampai KM 72 Cikampek, dengan jadwal sebagai berikut:

*Arus mudik*

18 April 2023: 14.00-24.00 WIB.

19-21 April 2023: 08.00-24.00 WIB.

Ketiga, skema satu arah (One way), diberlakukan dari KM 72 (Cikampek) sampai KM 414 (GT Kalikangkung) dengan jadwal sebagai berikut:

*Arus mudik:*

18 April 2023: 14.00-24.00 WIB.

19-21 April 2023: 08.00-24.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya