Pramono: Jokowi Jarang Lihat Restoran jika Kunjungan Kerja

Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

VIVA Nasional – Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengungkap pengakuan yang cukup mengejutkan ihwal kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi sebagai kepala negara diketahui kerap pulang pergi ke luar negeri untuk melakukan kunjungan kerja. 

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Pramono Anung menjelaskan kunjungan kerja Jokowi selalu dilakukan secara cepat dan efektif. Ia bahkan mengaku tak pernah mampir ke sebuah restoran maupun toko saat sedang mendampingi Jokowi kunjungan kerja di luar negeri.

"Kalau kita perjalanan ke luar negeri itu enggak pernah lihat restoran, enggak pernah lihat toko, kalau ke Bangkok, ke Jepang, kayak gitu-gitu sudah pasti PP (pulang-pergi)," kata Pramono Anung seperti dikutip dari video yang diunggah di Instagram Sekretariat Kabinet pada Rabu, 19 April 2023.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Bahkan, Pramono mengaku pernah mendampingi Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri selama 9 jam. Namun, selepas kunjungan kerja selesai, Jokowi dan rombongan langsung pulang ke Indonesia.

"Kayak kemarin KTT APEC sebagai contoh, kita datang sore langsung acara dinner, besok pagi acara seharian, setelah selesai dengan raja jam 7 itu langsung ke airport, pulang," tuturnya. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Pramono Anung kembali bercerita soal kunjungan kerja luar negeri bersama Presiden Jokowi. Kata dia, kunjungan kerja dengan jangka waktu terpanjang dan cukup sibuk terjadi saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 pada November 2022.

Saat itu, ia mendampingi Jokowi terbang dari Jakarta menuju Bali dalam rangka persiapan untuk general repetisi terakhir. Kemudian, dari Bali dilanjutkan ke Phnom Penh dan kembali lagi ke Bali lanjut ke Solo.

Menhan Prabowo Subianto saat dampingi Presiden Jokowi kunker ke Tabalong, Kalsel

Photo :
  • Istimewa

"Itu (lanjut) ke Solo untuk peresmian masjid yang diberikan oleh Presiden UAE. Dari Solo, balik lagi ke Bali, dari Bali kemudian balik lagi ke Bangkok. Dari Bangkok, ke Solo dan seterusnya. Jadi bayangkan, kita mendampingi beliau itu membayangkan baju yang kita pakai saja sudah pusing," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu bahkan sempat berpikir, dirinya memiliki waktu luang untuk bersantai sejenak usai mendarat di Indonesia setelah melakukan kunjungan kerja. Namun, lagi-lagi Jokowi mengajaknya ke Istana dan melanjutkan pekerjaan.

"Berikutnya, saya pernah dalam perjalanan dari luar negeri kita mendarat jam setengah empat. Kita sudah berpikir, 'waduh ini pulang, mandi air hangat, selonjoran kaki'. Ternyata beliau (Jokowi) nanya, 'Pak Menteri mau ke mana? Mau pulang pak? Ayo ke Istana bareng'. Akhirnya ke Istana, kerja lagi, beliau itu enggak ada capeknya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya