Antrean Pemudik Motor Mengular Pelabuhan Ciwandan, Polisi Berlakukan Buka Tutup

Pemudik sepeda motor masih padati Pelabuhan Ciwandan, Cilegon
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Puluhan ribu pemudik sepeda motor terus memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten. Berdasarkan pantauan Kamis, 20 April 2023, pukul 05.00 wib hingga 06.00 wib, polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kendaraan asal Kota Cilegon menuju Anyer dialihkan memasuki kawasan industri Krakatau Steel menuju Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan sampai di pertigaan Ciwandan.

Di pertigaan Ciwandan, polisi melakukan penyekatan pemudik sepeda motor. Laju kendaraan akan dibuka tutup sesuai kebutuhan dan kondisi di dalam Pelabuhan Ciwandan.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Selain penyekatan, polisi juga kembali memberlakukan contra flow di JLS, agar aktivitas masyarakat tetap berjalan. Lantaran satu bahu jalan dijadikan kantung parkir sebelum masuk ke dalam Pelabuhan Ciwandan.

Polisi menghentikan sementara arus lalu lintas dengan metode one way untuk mengurai kemacetan di jalur lain di Jalan Lingkar Selatan, Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Sabtu, 15 Mei 2021.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

"Supaya tidak terjadi crossing di sepanjang jalur arteri, kita lakukan penyekatan untuk roda dua maupun angkutan barang yang akan menuju Pelabuhan Ciwandan. Kemudian nanti ada jalur di sebelahnya, kita manfaatkan ada dua lajur, satu untuk contra flow untuk lalu lintas masyarakat sekitar," kata perwira pengendali Pelabuhan Ciwandan, Kompol Ali Rahman, Kamis, 20 April 2023.

Menurutnya, penyekatan sudah dilakukan sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, 18-19 April 2023. Pemudik sepeda motor secara bergantian mengantre masuk ke Pelabuhan Ciwandan sampai masuk ke dalam kapal yang menyebrangkan mereka ke Lampung.

Kompol Ali Rahman memperkirakan ada puluhan ribu sepeda motor yang menyebrang dari Pulau Jawa menuju Sumatera, melalui Pelabuhan Ciwandan. Sedangkan pemberlakuan buka tutup dan rekayasa lalu lintas dilakukan situasional.

"Ini kendaraan diperkirakan ada puluhan ribu kendaraan roda dua. Penyekatan ini sifatnya situasional, kalau buffer area di dalam pelabuhan masih bisa tertampung, kita tidak lakukan penyekatan, tapi kalau di dalam sudah tidak tertampung lagi maka kita lakukan penyekatan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya