Puncak Arus Balik, Tol Purbaleunyi Arah Jakarta Macet Malam Ini

Ilustrasi macet tol
Sumber :
  • ANTARA Foto/Risky Andrianto

VIVA Nasional - Arus lalu lintas (lalin) menuju Jakarta terpantau mengalami kemacetan di sejumlah titik. Kemacetan salah satunya terjadi di Tol Purbaleunyi menuju arah Jakarta.

Ada Aksi May Day di Jakarta, Hindari Lokasi Ini Kalau Tidak Mau Kena Macet

Melansir keterangan Jasa Marga melalui akun Twitter resminya, @PTJASAMARGA, pukul 21.05 Tol Purbaleunyi Padalarang Timur kilometer (km) 122 hingga km 121 arah Jakarta kemacetan terjadi karena volume lalin.

"Tol_Purbaleunyi Padalarang Timur km 122-km 121 arah Jakarta padat, kepadatan volume lalin. Cikamurang KM 118-Walini KM 108 padat, kepadatan volume lalu lintas," tulis @PTJASAMARGA dikutip pada Senin, 24 April 2023.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Selain itu, kepadatan juga terjadi di Walini km 107 hingga Cikalong Wetan km 104. Kemacetan itu masih disebabkan volume lalu lintas kendaraan.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Besok, Kapolri: Harus Bisa Diurai, Kalau Tidak Terjadi Stuck

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Pantauan CCTV Jasamarga di Gerbang Tol Manyaran, Semarang, Jawa Tengah

Photo :
  • PT Jasamarga

Jasamarga menjelaskan, pada pukul 21.06 juga terjadi kemacetan di Tol Purbaleunyi Cikalong Wetan km 103-Darangdan km 98. Pemicu kemacetan juga karena lonjakan volume lalu lintas.

"Dawuan km 69-km 68 arah Jakarta padat, kepadatan volume lalu lintas," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta, para pemudik agar tak melakukan perjalanan balik pada Senin hari ini dan Selasa besok, 25 April 2023. Pemerintah memprediksi momen pada Selasa dan Rabu tersebut sebagai puncak arus balik Lebaran 2023.

Untuk itu, pemudik diminta melakukan perjalanan balik sebelum atau sesudah tanggal tersebut.

“Sebaiknya lakukan perjalanan mudik sebelumnya atau sesudahnya, yaitu di tanggal 26 sampai dengan 29 April 2023. Karena di tanggal 30 April dan 1 Mei diprediksi akan ada puncak arus balik kedua,” ujar Budi.

Pun, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menyampaikan pihaknya menyiapkan rekayasa lalin untuk mengantisipasi padatnya kendaraan saat arus balik mudik Lebaran 2023. Dia memprediksi puncak arus balik terjadi mulai 24-25 April 2023. 

Listyo bilang arus mudik tahun ini merupakan yang tertinggi sejak 2019. Dengan demikian, arus balik juga akan sama menjadi yang tertinggi.

"Sehingga untuk arus baliknya juga menjadi arus balik tertinggi sehingga dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa khususnya dari jajaran kepolisian, untuk pengaturan baik di jalur tol atau jalur arteri," kata Sigit dalam konferensi pers, Minggu, 23 April 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya