Imbas Buah Berformalin Nyaris Disantap Jokowi, 8 Restoran di Labuan Bajo Disidak

Presiden Jokowi dan keluarga.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

VIVA Naional – Inspeksi mendadak digelar di sejumlah restoran di Labuan Bajo pascakejadian ditemukan buah berformalin yang nyaris disantap Presiden Joko Widodo dan keluarga saat berkunjung di Labuan Bajo pada 22-25 April 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Sidak bersama Loka POM Labuan Bajo dipimpin Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng. Hadir pula sejumlah pimpinan perangkat daerah. 

Wabup Weng menegaskan, petugas Loka POM memeriksa 28 sampel makanan dari 8 restoran di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Pemerintah sidak sejumlah restoran di Labuan Bajo

Photo :
  • Jo Kenaru (Manggarai-NTT)

Empat restoran yang disidak pada hari pertama Rabu 26 April 2023 yakni Prima Rasa, La Moringa, Mai Cenggo dan Kelan. Sedangkan sidak hari kedua, Kamis 27 April 2023 juga dilakukan di 4 tempat yaitu Restoran Taman Laut, Resto Hotel La Prima, Resto Hotel Bintang Flores dan Resto Hotel Jayakarta.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

"Ada 28 sampel yang diambil semuanya negatif," ujar Yulianus Weng dihubungi Kamis (27/4/2023) malam.

Yulianus Weng yang berlatar belakang sebagai dokter umum menjelaskan, berita buah berformalin temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam hal ini Loka POM Labuan Bajo dalam menu santapan Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Labuan Bajo baru-baru ini berpotensi mencoreng citra pariwisata super premium Labuan Bajo yang ditetapakan Presiden Joko Widodo.

Terlebih, sebut Weng, Labuan Bajo merupakan tempat pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang. Pun, imbuhnya, kunjungan Presiden Joko Widodo pada 22-25 April 2023 untuk meninjau kesiapan ASEAN Summit yang tinggal menghitung hari.

"Prinsipnya semua jenis makanan dan minuman serta buah-buahan yang disediakan oleh seluruh restoran di Labuan Bajo harus bebas dari bahan berbahaya termasuk formalin dan sejenisnya," tekan dia.

"Untung saja dalam dua hari sidak tidak ditemukan kandungan zat berbahaya. Tapi kalau ada pemerintah daerah pasti mengeluarkan teguran keras hingga menghentikan izin usahanya," cetus Weng.

Lebih lanjut dia berkata, pihaknya menjamin kesehatan dari setiap makanan dan minuman yang disajikan kepada para Kepala Negara dan tamu-tamu ASEAN.

"Kita mau mencegah, menjelaskan dan membuktikan bahwa  restoran-restoran yang ramai dikunjungi tamu di Labuan Bajo, betul-betul higienis, bebas dari kandungan penyakit," kata Yulianus.

Seperti diberitakan, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, serta putra-putranya yakni Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri, Erina Gudono menikmati sejumlah spot seperti Gua Batu Cermin, Pulau Komodo,Pink Beach, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Presiden diketahui nyaris menyantap makanan mengandung formalin. Itu terjadi di salah satu tempat di Labuan Bajo.

Inspeksi mendadak digelar di sejumlah restoran di Labuan Bajo

Photo :
  • Jo Kenaru (Manggarai-NTT)

 Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin membernarkan peristiwa itu. Sampel makanan berformalin ditemukan oleh petugas Loka POM 3 jam sebelum jadwal makan Presiden.

“Ditemukan tiga jam sebelum jam makan Bapak Presiden sehingga bahan yang mengandung formalin itu dipisahkan. Hanya satu sampel itu yang mengandung formalin, selain itu semuanya aman sampai Bapak pulang hari ini,” ujar Andirusmin Nuryadin. (Jo Kenaru/tvOne/Manggarai Barat-NTT)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya