Polisi Tangkap WNA Asal Australia yang Meludahi Imam Masjid di Bandung

WNA asal Australia Ludahi Imam Masjid di Bandung
Sumber :
  • Istimewa/Tangkapan layar media sosial/republika

VIVA Nasional – Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono mengatakan bahwa seorang warga negara asing (WNA) asal Australia yang memaki hingga meludahi seorang imam masjid Al Muhajir, Muhamad Basri Anwar sudah ditangkap. 

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

Diketahui, WNA itu memaki hingga meludahi imam masjid lantaran diduga tak senang mendengar lantunan pengajian murotal Alquran yang diputar melalui telepon seluler dan disiarkan di speaker masjid.

"Sudah diamankan oleh kita," kata Kombes Pol Budi Sartono saat dikonfirmasi, Sabtu, 29 April 2023.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

WNA itu ditangkap jajaran Polrestabes Bandung di Bandara Soekarno Hatta. Polisi menangkap WNA itu kurang dari 24 jam.

"Jam 11 malam kita amankan dan ini kita baru mau bawa ke Bandung," katanya.

1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Ilustrasi/borgol.

Photo :
  • ientrymail.com

Budi menjelaskan bahwa saat ini WNA tersebut masih dalam proses pemeriksaan demi mengetahui apa motif tak senang mendengar lantunan pengajian di masjid hingga berujung memaki dan meludahi imam masjid.

Sebelumnya, seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Australia di Bandung memaki hingga meludahi seorang imam di Masjid kawasan Bandung, Jawa Barat karena diduga tak terima kerap mendengar pengajian murotal Alquran.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 28 April 2023. WNA tersebut datang seorang diri dengan dimulai masuk ke dalam masjid tanpa melepas alas kaki sambil marah-marah dengan kata kasar. Tak hanya itu, dia pun tampak meludahi imam masjid yang tengah berada di dalam masjid.

Imam Masjid Al Muhajir, Muhamad Basri Anwar mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi ketika dia tengah bersih-bersih di dalam masjid untuk persiapan salat Jumat atau Jumat Bersih (Jumsih). Saat itu, Basri pun tengah memutar lantunan pengajian murotal Alquran dari ponsel genggamnya. Namun, WAN itu masuk ke dalam masjid mencari sumber suara itu.

"Bule itu sempat tidak menerima dengan dibukanya bacaan murotal Alquran di masjid. Dia datang itu santai saja seperti tidak punya masalah pakai sandal masuk ke dalam masjid, langsung ngebantingin HP saya setelah dimatiin. Dia marah ngeluarin kata kata f**k you," ujar Basri kepada wartawan dikutip Sabtu, 29 April 2023. 

Basri langsung merasa ketakutan usai dimaki hingga diludahi oleh WNA Australia tersebut dan langsung lari masuk ke dalam ruangan DKM masjid. "Dia merasa terganggu dengan suara Alquran dia langsung datang ke masjid untuk mematikan sumber suara tersebut," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya