Asrorun Niam Sebut Penembakan Kantor MUI Jakarta Terjadi saat Pimpinan Rapat Isu Sensitif

Penembakan di kantor MUI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam mengatakan pihaknya tengah rapat membahas isu sensitif keagamaan ketika penembakan terjadi pada Selasa, 2 Mei 2023 siang.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

"Agendanya (rapat) salah satunya cukup sensitif, karena membahas masalah keagamaan yang muncul di publik beberapa waktu ini," ujar Asrorun Niam kepada wartawan, Selasa, 2 Mei 2023. 

Adapun isu sensitif keagamaan yang dibahas dalam rapat internal itu antara lain isu azan hingga saf salat yang sempat digelar secara tak lazim beberapa waktu lalu. 

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

"Pasca Idul Fitri kan muncul azan dengan tata cara tidak umum dikenal masyarakat muslim di Indonesia, posisi saf salat dan sejenisnya, itu menjadi tema pembahasan. Itu menjadi salah satu tema bahasan karena salah satu tugas keagamaan MUI adalah memberikan penjelasan panduan dan bimbingan keagamaan agar sesuai dengan prinsip-prinsip keagamaan," tuturnya.

Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh.

Photo :
  • Dokumen BNPB
MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Kendati begitu, Niam belum bisa menegaskan apakah penembakan yang dilakukan Mustofa itu berkaitan dengan isu sensitif yang tengah dibahas atau tidak.

"Apakah ada kaitannya dengan agenda rapat kita atau tidak, kita juga enggak bisa atau enggak berani spekulasi. Kita menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan serta penyidikan supaya kasus ini terang benderang," sambungnya.

Lebih jauh, Niam mengatakan pihaknya akan melakukan konsolidasi internal untuk membahas peristiwa penembakan ini. 

Penembakan di kantor MUI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya diberitakan, kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat dikabarkan diserang oleh orang tak dikenal. Aksi penyerangan ini viral di media sosial salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh.

"Terjadi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal," seperti dikutip VIVA dari akun Twitter @facialwashh, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam cuitan tersebut, nampak sebuah foto yang ditampilkan berupa pecahan kaca di Kantor MUI Jakarta. Tak hanya itu, ada juga sebuah pistol yang diduga digunakan dalam penyerangan tersebut. 

Dikabarkan juga, ada beberapa orang yang mengalami luka akibat penyerangan di Kantor MUI Jakarta. Beberapa orang yang terluka itupun telah dievakuasi ke rumah sakit.

"Beberapa orang terluka dan dibawa ke rumah sakit," sambungnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin membenarkan adanya penembakan ini. Kata dia, pelaku penembakan telah meninggal dunia.

"Betul (ada penembakan di Kantor MUI). Pelaku sudah meninggal," ujar saat dihubungi, Selasa, 2 Mei 2023. 

Komarudin belum menjelaskan lebih jauh terkait dengan kematian pelaku. Sejauh ini, diduga aksi penembakan dilakukan oleh satu orang pelaku. Pun, kata Komarudin, pihaknya masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

"Saat ini sedang olah TKP, pemeriksaan saksi dan sebagainya. Nanti kalau sidah dapat identitas pelaku latar belakang dan sebagainya, modus dan sebagainya nanti kita rilis," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya