M Taufik Wafat, Anas Urbaningrum Kenang Kerja Bareng Saat Pemilu 2004

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA Nasional – Eks Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum melayat ke rumah duka mantan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik di Pondok Rangon, Jakarta Timur. M Taufik meninggal dunia pada Rabu, 3 Mei 2023 malam. 

Senior yang Diduga Aniaya Mahasiswa STIP hingga Tewas Ditangkap

Anas mengenang M Taufik sebagai sosok senior dan teman diskusi yang sangat baik. Ia bahkan mengingat betul bagaimana kerja bersama Taufik dalam mensukseskan Pemilu 2004.

"Beliau senior saya, teman ngobrol, teman diskusi dan pernah kerja bareng khususnya Pemilu 2004 yang lalu. Tapi sebelumnya ya kami tetap bersahabat pasca itu, sampai beliau sakit kebetulan saya tidak punya kesempatan menengok beliau ketika sakit," kata Anas kepada wartawan di rumah duka, Kamis, 4 Mei 2023.

Diduga Dianiaya Seniornya, Mahasiswa STIP Tewas di Kampus

"Kemudian tadi malam kita dapat berita duka, Bang Taufik mendahului kami semua. Hari ini saya berkesempatan untuk memberikan hormat yang terakhir dan mendoakan, tadi salat dan doa khusus untuk almarhum. Beliau senior saya, teman diskusi yang merdeka, tidak tersinggung walau beda pendapat itu yang saya kenal dari Bang Taufik," sambungnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik

Photo :
  • VIVA.co.id/ Shintaloka Pradita Sicca.
Kritik Pemprov DKI Soal Penonaktifan NIK, Ahok: Jangan Merepotkan Orang

Kata Anas, pengalaman bekerja bersama M Taufik mensukseskan Pemilu 2004 khususnya Pilpres menjadi momen paling berkesan untuknya. Sebab, tahun 2004 merupakan kali pertama Pemilu diselenggarakan.

"Karena itu adalah penyelenggaraan Pilpres langsung yang pertama, belum ada presidennya, belum ada contohnya sebelumnya," tuturnya. 

Saat itu, M Taufik yang menjabat sebagai Ketua KPU DKI Jakarta turut memberikan peran yang besar dalam mensukseskan Pemilu 2004 termasuk saat pemilihan presiden. Padahal, banyak pengamat yang menilai Indonesia mustahil dapat menyelenggarakan Pemilu dengan baik.

"KPU, KPU provinsi, kabupaten/kota dan seluruh jajaran penyelenggara Pemilu saat itu alhamdulilah bisa menyelenggarakan Pemilu yang sangat complicated," ungkapnya. 

"Alhamdulilah dengan kerja sama yang baik, termasuk di dalamnya ada peran Bang Taufik yang waktu itu jadi Ketua KPU DKI Jakarta, terutama Pilpres ya berjalan dengan baik. Jangan lupa, pilpresnya waktu itu dia putaran, pertama Juni dan kedua September. Kemudian 20 Oktober sudah pelantikan presiden dengan proses yang sangat baik," tandas Anas. 

Politikus Gerindra Mohamad Taufik.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Sebelumnya diberitakan, Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik dikabarkan meninggal dunia, Rabu malam, 3 Mei 2023. Politikus Partai Gerindra itu dikatakan meninggal di RS Siloam pada Pukul 21.45 WIB.

Demikian kabar tersebut disampaikan oleh anggota DPD RI, Fahira Idris. Ia pun mendoakan agar almarhum mendapat ampunan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Innalillahi wainna ilaihi roji'uun. Allahummagh firlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Almarhum Bang M. Taufik,” kata Fahira.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Rani Mauliani mengatakan, mantan Wakil Ketua DPRD DKI ini meninggal pada pukul 21.40 WIB di RS. Siloam Semanggi, Jakarta Selatan.

"Wafat pukul 21.40 WIB di RS Siloam, Semanggi, karena sakit kanker paru," kata Rani saat dihubungi VIVA pada Rabu malam, 3 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya