Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak Bak Kubangan Kerbau di Jambi

Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Sungai Gelam, Jambi
Sumber :
  • Setpres

VIVA Nasional – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meninjau jalan rusak di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa, 16 Mei 2023. Presiden didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris dan Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Iring-iringan mobil Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terpaksa memperlambat laju kendaraan karena jalur yang dilintasi rusak parah. Jokowi bahkan memilih turun dari mobil untuk memantau langsung kerusakan jalan.

"Ya rusak parah, sudah ngerasakan sendiri, masa harus saya sampaikan," kata Presiden Jokowi saat meninjau jalan rusak di Muaro Jambi, Selasa siang. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Presiden Jokowi sempat berdiskusi dengan Gubernur Jambi Al Haris dan Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni terkait kondisi jalan yang rusak parah, termasuk rencana perbaikan jalan yang nantinya akan diambilalih pemerintah pusat

Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Sungai Gelam, Jambi

Photo :
  • Setpres
Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menurut Jokowi, jalan kabupaten di provinsi Jambi sepanjang 10.000 km, dimana 4.600 km dalam kondisi rusak. Kemudian, terdapat 1.030 km jalan provinsi di Jambi dan 250 km dalam kondisi rusak. Sedangkan jalan nasional sepanjang 1.300 km, dimana jalan rusak sepanjang 130 km.
 
"Ini yang tadi jalan kabupaten, yang ini jalan provinsi, ini juga akan diambilalih oleh pusat dan segera juga dikerjakan, karena kalau ndak yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali, sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah harus segera dikerjakan," ujar Jokowi.

Presiden menegaskan perbaikan jalan-jalan rusak di provinsi tidak hanya dilakukan di Jambi, tapi seluruh provinsi di Indonesia juga akan dilakukan perbaikan secepatnya.

"Ini tidak hanya di provinsi Jambi di provinsi-provinsi yang lain pun juga banyak yang memerlukan penanganan, karena menyangkut jalan produksi dan jalan logistik," ungkapnya

Kubangan Kerbau

Masih di hari yang sama, Presiden Jokowi juga rencananya meninjau jalan rusak di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Jalan tersebut rusak parah bak kubangan kerbau. 

Informasi dihimpun VIVA, peninjauan jalan rusak diketahui setelah adanya laporan ke Presiden terkait jalan rusak parah, dan pemerintah pusat langsung mengalokasikan dana bantuan pembangunan jalan Geragai hingga Mendahara, Tanjung Jabung Timur.

Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Sungai Gelam, Jambi

Photo :
  • Setpres

Camat Geragai, Iduar Aidi saat dikonfirmasi mengatakan, sangat berharap Presiden Jokowi datang ke Geragai meninjau jalan rusak parah dan setelah adanya Presiden mengalokasikan dana masyarakat Geragai ingin mengucapkan terimakasih. 

"Saya khusus camat Geragai membenarkan jika Presiden ingin meninjau jalan yang saat ini rusak parah," ujar Iduar, Selasa, 16 Mei 2023.

Iduar menegaskan kunjungan Presiden ke Geragai untuk meninjau lokasi pembangunan jalan rusak yang panjangnya sekitar 17 km, dan yang rusak parah diperbaiki sekitar 9,7 km. 

"Sebenarnya jalan sudah diperbaiki namun di akhir tahun 2022 sangat banyak curah hujan sehingga rusak lagi, dan diawal tahun 2023 tambah rusak dan semua akibat faktor panen sawit masyarakat meningkat, dan beban yang begitu berat sehingga jalan hancur,"  ujarnya

Kedatangan Presiden sudah dilakukan persiapan sebelumnya oleh personel TNI-Polri. Ia barharap Presiden datang ke Geragai dan menyempatkan berkomunikasi dengan masyarakat. 

"Mudah-mudahan masyarakat mengucapkan terima kasih, karena jalanan Geragai dan Mendahara mendapat alokasi dana," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya