Hari Kedua di Jepang, Jokowi Akan Hadiri Sejumlah Pertemuan Bilateral dan Bisnis

Presiden Jokowi di Hiroshima, Jepang
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Hiroshima, Jepang, pada Sabtu, 20 Mei 2023. Kepala Negara mengawali kegiatannya dengan melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Selain dengan PM Kishida, Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Inggris Rishi Sunak. Setelahnya, Presiden dan delegasi terbatas akan kembali ke Rihga Royal Hotel Hiroshima untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat.

Presiden Jokowi bertemu PM Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Pada sore hari, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana diagendakan menghadiri acara penyambutan resmi negara mitra G7 oleh PM Kishida dan Ibu Yuko Kishida. Presiden Jokowi kemudian juga akan mengikuti sejumlah sesi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Rangkaian kegiatan Presiden dan Iriana Jokowi diakhiri dengan menghadiri jamuan santap malam resmi yang digelar bagi para pemimpin negara anggota G7 serta negara mitra.

Ditekuk Jepang, Indonesia Tantang Thailand di Perempat Final Uber Cup 2024

Sebelumnya diberitakan, dalam pertemuan G7 Jokowi akan membahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Presiden menyebut bahwa Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

"Indonesia akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Presiden menyebut bahwa beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo juga akan dibawa oleh Presiden Jokowi. "Berkaitan dengan Myanmar misalnya," imbuhnya.

Presiden Jokowi berikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Selain menghadiri KTT G7, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Presiden juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya