Benny Minta Pekerja Migran Indonesia Lawan Sindikat Ilegal: Rekam Video, Lalu Viralkan!

Kepala BP2MI Benny Rhamdani.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani geram atas kelakuan mafia atau sindikat penempatan pekerja migran Indonesia atau PMI ilegal. Sindikat itu diduga selalu memeras PMI yang merupakan para pahlawan devisa negara.

Viral Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan, Pengunggah Minta Maaf ke Pihak Kecamatan

Benny meminta agar PMI berani melakulan perlawanan secara cerdas kepada mafia tersebut. Dia menyebut, perlawanan cerdas bisa dilakukan dengan rekaman video kemudian diviralkan. 

Dia mengaku dapat cerita bila PMI dipaksa sindikat untuk menukar dolar di tempat penukaran uang tempat mereka.

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

"Mereka dipaksakan oknum atributif dari oknum kekuasaan. Bisnis oknum tertentu ini bentuk penindasan Pekerja Migran Indonesia," kata Benny saat pelepasan 439 PMI Program G To G ke Korea Selatan seperti disampaikan dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2023.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Photo :
  • Istimewa
Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Benny menekankan bersama BP2MI, siap berada di garis depan untuk PMI. Dia bilang meskipun mafia atau sindikat ilegal itu mengancam hukum, dirinya siap melalukan perlawanan untuk membela PMI. 

"Saya garansi tidak ada praktik seperti itu, kalian videokan, viralkan, kalau mereka menuntut hukum. Biarlah Kepala BP2MI yang pasang badan untuk melawan mereka," ujar Wakil Ketua Umum Partai Hanura tersebut.

Pun, dia menyampaikan, pesan Presiden RI Joko Widodo di hadapan ratusan PMI yang akan berangkat ke Korea Selatan. Benny mengatakan, Jokowi meminta BP2MI melindungi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki. 

"Ini lah sikap ideologis pemimpin dengan rakyat yang sebenarnya. Terlebih, negara berhutang besar kepada (jasa) Pekerja Migran Indonesia (untuk pemasukan devisa negara-red)," jelas eks Anggota DPD tersebut. 

Lebih lanjut, dia mengatakan PMI di delapan bandara internasional di Tanah Air memiliki status pengunjung VVIP. Fasilitas itu seperti Fast Track hingga lounge khusus PMI. 

"VVIP Pekerja Migran Indonesia, kalian spesial dapat akses fast track, mereka harus dihormati di luar negeri. Fasilitas khusus juga lounge untuk Pekerja Migran Indonesia," tutur Benny. 

Kemudian, ia mengatakan pesan Jokowi bahwa para PMI merupakan duta hingga ambasador untuk Indonesia. Hal itu selama mereka bekerja di negeri orang. 

"Jangan sampai kita merendahkan mereka, kita tidak mau negara lain merendahkan mereka. Maka kita harus meninggikan Pekerja Migran Indonesia," ujar Benny. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya