Terbang Perdana ke Tanah Suci, Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Masuk Asrama Donohudan

Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Solo masuk Asrama Haji Donohudan
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Sebanyak 360 jemaah haji kloter pertama asal Grobogan, Jawa Tengah, tiba di Asrama Haji Donohudan pada Selasa pagi, 23 Mei 2023, sekitar pukul 04.30 WIB. Setelah turun dari bus, mereka langsung menuju masjid untuk menunaikan ibadah Salat Subuh sembari menunggu jadwal masuk ke asrama.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Setelah jam menunjukkan pukul 06.00 WIB, ratusan jemaah haji itu langsung berkumpul di Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan. Di gedung tersebut dilakukan prosesi serah terima jemaah haji dari petugas daerah kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo.

Usai serah terima selesai, para jemaah haji menunggu panggilan untuk mengikuti pengecekan kesehatan yang dilakukakan petugas medis. Setelah semua prosesi selesai, para jemaah haji langsung menuju kamar di Gedung Mekkah sekitar pukul 08.00 WIB.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Calon jemaah haji tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Diketahui, jemaah haji kloter pertama Embarkasi Solo itu dijadwalkan terbang menuju Tanah Suci pada Rabu dini hari, 24 Mei 2023 pukul 00.30 WIB.  

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Kepala Seksi Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi mengatakan jemaah haji kloter pertama asal Grobogan telah masuk ke asrama haji pada subuh tadi. Mereka datang lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan pada pukul 06.00 WIB. 

"Pagi ini kita telah menerima calon jemaah haji kloter satu dari Grobogan. Menurut jadwal, tiba di Embarkasi Solo jam 06.00 WIB tapi karena ada pertimbangan dari petugas daerah biar bisa salat sibuh di embarkasi, makanya tiba lebih awal," kata dia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, 23 Mei 2023.

Lebih lanjut Gentur mengungkapkan total jemaah haji kloter pertama yang telah tiba di Embarkasi Solo sebanyak 360 jemaah. Jumlah itu terdiri dari 352 jemaah haji, 5 petugas kloter dan 3 petugas haji daerah. 

Selain kloter pertama, dijadwalkan hari ini terdapat tiga kloter yang akan masuk ke Embarkasi Solo.

"Hari ini jadwalnya yang masuk empat kloter. Kloter 1 dan kloter 2 full dari Kabupaten Grobogan, kloter 3 sebagian Grobogan dan sebagian Demak. Dan kloter 4 dari Demak," ujarnya

Menurut Gentur, kloter 1 akan terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Rabu sekitar pukul 00.30 WIB. Rencananya  prosesi pelepasan jemaah haji kloter 1 akan dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat.

"Nanti malam akan kita tarik turun dari kamra itu mulai pukul 20.00 WIB karena biasa kloter 1 mesti ada tamu-tamu VIP yang ingin menyaksikan pelepasan," ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya