Pengendara Moge Tabrak Santri di Ciamis Jadi Tersangka

Motor gede jenis Piaggio yang menabrak santri di Ciamis
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA Nasional – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat menetapkan status tersangka kepada pengendara Moge merek Piaggio inisial T yang menyenggol pengendara motor di kawasan jalan Cihaurbeuti - Ciamis Kabupaten Ciamis.

28.861 Tersangka Narkoba Ditangkap Selama 8 Bulan, Ada Pelaku Kasus Laboratorium Ekstasi

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo mengatakan kecelakaan itu terjadi pada Sabtu, 27 Mei 2023, sekitar pukul 14.00 WIB. Akibatnya, kata dia, seorang santri bernama Yayat mengalami luka-luka karena terjatuh hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Kecelakaan ini melibatkan dua kendaraan bermotor roda dua, yaitu kendaraan motor Yamaha Aerox dengan nomor D 5101 ZDN dengan satu kendaraan roda dua jenis Piaggio Motgozical dengan nomor B 4363 SZI," kata Wibowo di Polda Jawa Barat, Kota Bandung,  Senin, 29 Mei 2023.

30 Unit Moge Royal Enfield Dilelang Negara dengan Harga Mulai Rp30 Jutaan

Wibowo menjelaskan motor berjenis Piaggio Motgozical atau Moto Guzzi California itu memiliki mesin dengan ukuran 1..400 cc sehingga motor masuk kategori motor gede.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman
Alasan Pria Bunuh Waria di Sukabumi, Tolak Hubungan Sesama Jenis

Adapun motor gede yang berwarna krem dan cokelat itu sudah diamankan di Polda Jawa Barat sebagai barang bukti kasus kecelakaan.

Wibowo menjelaskan kasus kecelakaan itu bermula saat T berangkat dari Jakarta untuk mengikuti kegiatan komunitas motor gede di wilayah Pangandaran. Namun menurutnya T merupakan simpatisan yang datang tanpa undangan.

Setelah itu, menurutnya, T melakukan perjalanan balik kembali ke Jakarta pada Sabtu. Namun, kata dia, di perjalanan dia mencoba untuk menyalip motor korban yang berjenis Aerox itu.

Pelaku mengaku tak menyadari manuvernya telah mengenai pengendara motor matic yang saat itu tengah menuju Jakarta dari Pangandaran.

"Tersangka ini merupakan seorang simpatisan salah satu club moge, dan mengendarai Moge miliknya untuk menghadiri acara wingsday di kabupaten Pangandaran dengan status simpatisan tanpa undangan," ujar Kombes Pol Wibowo 

Saat kejadian, pelaku mengaku mendahului sepeda motor korban hingga insiden maut tak bisa dihindari pelaku. "Di tengah perjalanan, pelaku kemudian mendahului sepeda motor korban dan kemudian menyenggolnya," katanya.

"Berdasarkan keterangan, pelaku tidak tahu kalau kendaraan mogenya sudah menyerempet salah seorang pengendara, sehingga pelaku langsung pergi begitu saja," sambungnya

Setibanya di Bandung, pelaku baru mengetahui kalau ada kecelakaan di jalur yang dilewatinya. Pelaku kemudian menyerahkan diri ke polisi pada Minggu 28 Mei 2023.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 310 dan 312 Undang-Undang (UU) Lalu Lintas Angkutan Jalan, dengan ancaman Hukuman 3 tahun penjara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya