Staf Nonton Video Podcast Haris Azhar 4 Kali, Dilanjut Kajian Cepat Sebelum Lapor Luhut

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Saksi sidang di PN Jaktim
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Asisten Bidang Media Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Singgih Widyastono mengaku menonton video podcast Haris Azhar berjudul 'Ada Lord Luhut dibalik Relasi Ekonomi Ops-Militer Intan Jaya' sebanyak empat kali. Hal ini dilakukan sebelum dirinya melapor ke Luhut.

Anak Buah Luhut Sebut Lebih Cocok Mobil Listrik, Hidrogen Buat Bus dan Truk

Pengakuan itu diungkap Singgih saat dihadirkan sebagai saksi pelapor dalam sidang kasus pencemaran nama baik Luhut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin, 12 Juni 2023.

"Apakah saudara melihat utuh konten YouTube yang memuat pernyataan?" tanya Jaksa.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

"Kami menonton dan melihat secara utuh percakapan dari video konten itu," jawab Singgih.

"Berapa kali ditonton?" tanya Jaksa.

Youtuber Paling Kaya di Dunia Rayakan Ulang Tahun Bagi-bagi Tesla Gratis

"Kurang lebih sebelum melapor ke Pak Luhut ada empat kali saya tonton secara berulang-ulang," kata Singgih.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Saksi sidang di PN Jaktim

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Setelah itu, Singgih mengatakan dirinya menghubungi staf media internal Luhut, Adi Damar Kusumo, untuk melakukan analisis terhadap video tersebut. Termasuk mencari sumber dari data yang dipaparkan dalam video tersebut.

"Apakah saudara saksi juga berusaha mencari tahu, apakah berhubungan dengan kajian cepat koalisi masyarakat sipil?" tanya Jaksa.

"Kami mencoba mencari sumber, jadi kami berdua, kami mencoba mencari data video tersebut bersumber, kami menemukan satu kajian cepat ekonomi politik di Intan Jaya Papua. Kami membaca secara utuh kajian cepat tersebut," ujar Singgih.

"Apakah judul penelitian sama dengan konten YouTube?" tanya Jaksa.

"Dari halaman pertama sampai dengan halaman ke 32, sampai dengan kesimpulan kami tidak menemukan sedikitpun kalimat langsung yang menyebut ada Lord Luhut di balik relasi ekonomi ops militer di Intan Jaya, Papua," jelas Singgih.

"Kemudian Yang Mulia, terkait dengan ucapan saudara Fatia bahwa 'Jadi Luhut bisa dibilang bermain di pertambangan hari ini'. Kami coba untuk mengkomparasi dan membandingkan dengan hasil kajian cepat dari halaman pertama sampa halaman 32, tidak ada disebut kalimat langsung yang menyebut Pak Luhut bermain di pertambangan di Papua hingga hari ini," sambungnya.

Luhut Marah Usai Nonton Podcast Haris Azhar 

Menko Marves Luhut Binsar diketahui marah dan gusar usai menonton video podcast di YouTube Haris Azhar yang berjudul 'Ada Lord Luhut dibalik Relasi Ekonomi Ops-Militer Intan Jaya'. 

Kemarahan Luhut disampaikan anak buahnya yaitu asisten Bidang Media Menko Marves, Singgih Widyastono. Awalnya, Singgih mengatakan dirinya lapor ke Luhut soal video podcast Haris Azhar pada 23 Agustus 2021. Saat itu, Luhut juga turut meminta link video podcast Haris Azhar.

"Kira-kira setelah jam makan siang Yang Mulia kami melaporkan video tersebut ke Pak Luhut. Kemudian Pak Luhut meminta untuk dikirimkan link video tersebut ke hp-nya secara pribadi dan Pak Luhut menonton secata langsung video tersebut hingga selesai Yang Mulia," ujar Singgih di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin, 12 Juni 2023.

Saat itu, Singgih mengatakan Luhut langsung marah melihat judul video podcast tersebut. Sebab, dalam judul itu mengaitkan nama Luhut dengan Operasi Militer Intan Jaya Papua.

"Beliau (Luhut) langsung marah ketika ada judul yang mengaitkan beliau dengan Operasi Militer Intan Jaya Papua untuk kepentingan ekonominya beliau Yang Mulia. Jadi kalau boleh kami sampaikan beliau bilang seperti ini Yang Mulia, 'Eh coba kau lihat ini, ini tidak benar itu. Judulnya saja tidak jelas. Jadi itu yang kira-kira beliau sampaikan Yang Mulia," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya