Deretan Fakta Kelakar PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Mau Tiup Udara Buruk Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.

Jakarta – Polusi di Jakarta beberapa pekan terakhir, Ibu Kota Jakarta berada di dalam peringkat pertama sebagai kota dengan polusi udara terburuk di dunia berdasarkan data dari situs IQAir.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Kemudian Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk mengentaskan permasalahan tersebut.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.
Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Namun, di tengah itu Heru melempar candaan saat ditanyai kembali soal solusi mengatasi kualitas udara yang buruk di Ibu Kota. Berikut dretanan faktanya:

Berkelakar Bakal Meniup Polusi

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Heru Budi Hartono berkelakar bakal meniup polusi dari kawasan industri yang menyumbang buruknya kualitas udara di Jakarta.

"Iya, saya tiup saja," kata Heru di kawasan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin 12 Juni 2023.

Heru justru berfokus pada solusi menghadapi permasalahan polusi udara yang disebabkan dari kendaraan bermotor. Dia menyampaikan bakal mempercepat pengadaan kendaraan listrik yang memenuhi standar yang ada.

"Ya dipercepat motor listrik, mobil listrik, terus bahan bakarnya yang memang memenuhi syarat. Ya harus semua pihak harus mengikut dong," ujar Heru kepada wartawan, dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

Menuai Kritikan

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

Photo :
  • Ist

Candaan itu tentu menuai kritik dari banyak pihak. Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana menilai, pernyataan Heru justru melukai perasaan masyarakat.

"Itu saya kira menyakiti masyarakat terutama orang tua juga kan. Yang pasti adalah fakta bahwa penyakit tersebut banyak diidap anak-anak kita. Enggak cuma itu para manula juga banyak menderita penyakit itu, ISPA atau lain sebagainya," kata Justin kepada wartawan, Selasa 13 Juni 2023.

Justin berharap candaan seperti itu tak lagi dilontarkan oleh Heru karena persoalan kesehatan di Jakarta masih harus diperhatikan.

"Kata-kata seperti itu jangan pernah diucapkan lagi karena ini masalah kesehatan dan keselamatan warga dan itu tidak murah. Itu bukan suatu hal yang bisa dipandang remeh," katanya.

Justin memberikan solusi untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota, yaitu menyarankan Heru untuk mengendalikan jumlah kendaraan bermotor, menetapkan tarif parkir yang tinggi, hingga menindak kawasan industri yang memproduksi polusi di ambang batas.

Tidak Elok dijadikan Candaan

Juru Kampanye Greenpeace Indonesia Bondan Andriyanu juga angkat suara terkait pernyataan Heru. Hal itu dinilai tidak elok untuk diucapkan karena setiap warga Jakarta berhak atas kualitas udara yang baik.

"Sejatinya ini mengenai hak warga negara menghirup udara bersih. Tidak elok jika dijadikan bahan candaan," kata Bondan ketika dihubungi media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya